DepokNews–YBM PLN Bersama Rumah Marketer selenggarakan pelatihan Digipreuner camp di Perumahan Bumi Sawangan Indah 2, Jl. Anggrek Raya, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16518. Pelatihan ini berfokus pada penyiapan Sumber Daya Insani (SDI) yang siap mendampingi Umkm Go Digital, wirausaha sosial, hingga bisa melengkapi ekosistem ekonomi digital yang saat ini menjadi konsentrasi utama pemerintah Indonesia.

Pelatihan Digipreneur camp ini diselenggarakan selama dua hari kelas intensif, magang melayani pelaku usaha selama satu bulan, dan presentasi riset pasar. Kepala Program Rumah Marketer Kamal menuturkan, kelas intensif ini menjadi wadah calon entrepreneur muda dalam mengakselerasi bisnisnya melalui pemasaran digital, selain itu Rumah Marketer siap mendukung program pemerintah agar kenaikan pelaku usaha yang melek digital jauh lebih banyak.

Hadir dalam seremonial pembukaan Ketua II YBM PLN Yusrizal Ibrani menuturkan, bahwa Covid-19 ini memaksa kita untuk lebih maju 10 tahun kedapan, artinya pelaku usaha kecil yang menjadi binaan YBM PLN atau lainnya harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru. Selain itu data Bank Indonesia di kuartal-I menunjukan perpindahan pembeli dari konvensional ke digital meningkat. Buktinya pada transaksi e-commerce kuartal I-2021, transaksi di e-commerce sudah mencapai 548 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp 88 triliun.

Sementara itu Riki Bagus Santoso Manager Program Pendayagunaan YBM PLN. Program Digipreneur akan direplikasi diberbagai kota di Indonesia, ini jadi misi YBM PLN guna mewujudkan Visi memberdayakan Mustahik menjadi Muzaki. Model baru pengajaran, bukan berbasis standar dinas pendidikan, tapi kami menyebutnya user centric design (Design Thinking) untuk merumuskan kebutuhan user dalam mengaplikasikan solusi-solusi baru.

Igara Vanda Arifano (29) salah satu peserta sekaligus seorang wirausahawan catering mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini, pasalnya ia sudah berbisnis selama satu tahun belum mempunyai Nomor Induk Berbisnis (NIB), Alhamdulillah tidak menyangka dikesempatan ini bisa langsung praktik dan berhasil membuat NIB, ia berharap dengan sudah terdaftar ia bisa mendapatkan bantuan pemerintah, akses pembiayaan permodalan serta pelatihan-pelatihan dari kementrian.

YBM PLN merupakan Lembaga Zakat dilingkungan PT PLN (Persero), menginjak 15 tahun perjalanan menjejak manfaat YBM PLN terus berupaya mewujudkan Visi Lembaga, Memberdayakan Mustahik Menjadi Muzaki. Semoga ikhtiar kami menjadi lading pahala bagi para muzaki pegawai PLN yang setiap bulannya mempercayai kepada kami Zakatnya.

(Penulis Rio Martin)