Penanganan pohon tumbang di RM Betawi Jalan Tanah Baru oleh Satgas Pohon DLHK Kota Depok, Selasa (19/04/22). (Foto: istimewa)

DepokNews – Sebanyak 13 Satuan Tugas (Satgas) Pohon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dikerahkan untuk menangani pohon tumbang di beberapa titik. Tumbangnya pohon disebabkan angin kencang yang terjadi kemarin (19/04) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kejadian kira-kira pukul 16.00 WIB, kami terjunkan Satgas dengan jumlah 13 personel dan dibagi dalam tiga tim, untuk melakukan penanganan. Ada lima titik lokasi pohon tumbang berdasarkan laporan masuk,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi, DLHK Kota Depok, Indra Kusuma, Rabu (20/04/22).

Dikatakannya, lokasi yang dimaksud antara lain, Jalan Tanah Baru, Rumah Makan Betawi, Komplek Maharaja Sawangan, Kelurahan Tanah Baru dan Kelurahan Depok Jaya.

“Adapun, jenis pohon tumbang meliputi pohon bacang, pohon beringin, pohon bintaro, pohon rambutan dan pohon beringin sempal. Pohon ini tidak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang. Jadi, kejadian ini murni faktor alam,” terangnya.

Indra menjelaskan, penanganan dilakukan dibantu dengan Satgas Taman yang juga turun ke lokasi. Adapun armada yang dikerahkan yaitu mobil pick up dan mobil pemangkasan pohon.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang, saat hujan dan selalu waspada,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id