300 Bibit Pohon Ditanam di Situ Cilodong Dalam Rangka Peringati Hari Pohon Sedunia

DepokNews – Sebanyak 300 bibit pohon ditanam di sekitar kawasan Situ Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Aksi penanaman pohon tersebut dilakukan dalam rangka Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day yang diperingati setiap tanggal 21 November 2021.

“Bahwa Depok adalah kota yang memang perkembangan penduduknya cukup tinggi, hampir mendekati empat persen per tahun, bukan sesuatu yang mudah dalam mempersiapkan saran dan prasarananya untuk melayani penduduk,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok,  Ety Suryahati saat menghadiri penanaman pohon di Situ Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Senin (22/11/21).

Dirinya mengatakan, pemberian bibit pohon kepada SMAN 8 selaku panitia Hari Pohon Sedunia merupakan wujud komitmen pihaknya dalam mendukung sekolah tersebut meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dirinya pun berharap seluruh stakeholder sekolah dapat bersama-sama mewujudkan keinginan tersebut.

“Semoga guru-guru SMAN 8 dapat melanjutkan program-program yang sudah ada terdahulu. Termasuk dukungan dari Pak Camat dan Pak Lurah tentunya sehingga dapat mendukung visi Kota Depok yaitu maju, berbudaya dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 8 Depok, Supeni menjelaskan, kegiatan penanaman bibit pohon ini merupakan kali pertama diadakan. Situ Cilodong dipilih sebagai lokasi penanaman karena merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi pengunjung.  

“Kami melihat daerah pariwisata itu banyak pengunjung, itu artinya oksigen yang dibutuhkan lebih banyak dibanding daerah-daerah biasa,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, bibit pohon yang ditanam terdiri dari pohon buah dan peneduh. Dengan upaya ini diharapkan  dapat menjaga kelestarian lingkungan serta memberi manfaat bagi warga setempat.

“Dengan adanya momentum ini, kesadaran untuk menjaga lingkungan bisa meningkat, baik dari warga masyarakat maupun warga sekolah kami yaitu siswa, guru, dan juga tenaga kependidikan,” jelasnya. 

Sumber : depok.go.id