50 Anggota Dewan Diambil sumpahnya Dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Depok Depok

DepokNews–50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok periode 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpahnya dalam sebuah rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Depok pada Selasa (3/9/2024).

17 orang merupakan wajah baru, sementara 33 lainnya adalah anggota DPRD petahana yang terpilih kembali pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Dalam sambutannya memberi apresiasi kepada masyarakat Depok yang telah menyalurkan hak suaranya pada Pileg 2024.

Idris menegaskan bahwa anggota DPRD adalah representasi dari aspirasi masyarakat yang dipilih secara demokratis dan diawasi ketat oleh lembaga penegak hukum.

“Mengacu pada undang-undang, anggota DPRD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota dipilih oleh rakyat”.

Mereka perwakilan dari aspirasi partai politik yang bekerja di bawah pengawasan ketat lembaga penegak hukum seperti KPK, BPK, dan BPKP .kata Idris.

Idris menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD dalam merealisasikan program-program pembangunan.
kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif adalah kunci untuk menyinkronkan berbagai program dari tingkat pusat hingga daerah.

“Sesuai undang-undang, sinergitas dan koordinasi antara kepala daerah dan DPRD sangat diperlukan. Hal ini untuk memastikan keselarasan program antara pemerintah pusat, provinsi, dan kota,” ujar Idris.

Acara pelantikan yang penuh khidmat ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Wali Kota Depok Mohammad Idris, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Nina Suzana, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Depok.
Hadir juga Kapolres Metro Depok, Dandim 0508 Depok, dan ratusan tamu undangan lainnya.