Camat Beji ,Hendar Fradesa (berdiri) saat memberikan sambutan pada penilaian lomba posyandu Karunia Kecamatan Beji. (Foto : JD03/Diskominfo)

DepokNews – Kecamatan Beji mempunyai 90 persen Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) strata mandiri. Pasalnya dari total 83 sudah 76 Posyandu memiliki tingkatan mandiri yang tersebar di 75 RW.

Camat Beji, Hendar Fradesa mengatakan pihaknya sedang menggesa sisa dari Posyandu yang belum berstrata mandiri. Saat ini sisa tujuh Posyandu yang masih tingkatan purnama.

“Tahun 2022 akan ada usulan penyediaan lahan untuk Posyandu yang belum mandiri. Kami juga akan terus melakukan pembinaan kepada Posyandu agar segera menjadi mandiri,” ujarnya, kemarin, Jumat (19/11/21).

Dikatakan Hendar, selain pembinaan pihaknya juga akan berupaya memenuhi penyediaan sarana dan prasarana (sarpras) untuk semua Posyandu. Seperti di Kelurahan Beji telah memiliki 45 Posyandu yang sudah dilengkapi dengan laptop.

“Kita ingin semua sarpras bisa lengkap, agar pendataan semakin baik. Terlebih di Kelurahan  Beji Timur ada Posyandu Karunia juga tengah dalam penilaian lomba tingkat provinsi. Maka menjadi acuan untuk semua posyandu di Beji,” ungkapnya.

Hendar menambahkan, pihaknya bersama kader dan TP-PKK akan mendatangi warga agar datang dan membawa balitanya untuk diberikan vaksin atau mendapat layanan di Posyandu. Hal itu karena satu syarat strata mandiri adalah kehadiran warga mencapai 80 persen dari jumlah warga di setiap RW.

“Gerbang sehat anak memang dari Posyandu. Sebab sehat bukan hanya dari obat tapi bagaimana masyarakat dan pemerintah bisa sama-sama untuk  selalu bersinergi menciptakan hidup dan perilaku sehat khususnya bagi ibu dan anak,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id