776 Cahaj di Depok Ikuti Bimbingan Manasik Haji di Masjing Agung Balai Kota

DepokNews – Sebanyak 776 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kota Depok mengikuti bimbingan manasik haji di Masjid Agung Balai Kota. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Staf Ahli  Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Mohammad Fitriawan.

Mohammad Fitriawan menekankan beberapa hal yang perlu diperhatikan Calhaj selama menjalani ibadah haji di tanah suci. Di antaranya menjaga kondisi fisik harus tetap prima. Pasalnya, prosesi ibadah haji akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan energi yang besar.

“Kini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, hal-hal yang dapat mengurangi stamina tubuh tolong dikurangi seperti merokok. Mulailah mengonsumsi multivitamin, makanan gizi seimbang, kurangi karbohidrat, dan jalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelasnya di Masjid Agung Balai Kota, Sabtu (28/05/22).

Lebih lanjut, Fitriawan mengatakan, pelaksanaan ibadah haji ibaratnya merupakan kegiatan konferensi tingkat dunia bagi umat Islam. Jutaan umat muslim dari berbagai penjuru dunia bertemu di sana untuk melaksanakan Rukun Islam kelima, yaitu pergi haji.

Oleh sebab itu, dirinya meminta seluruh Calhaj untuk menunjukkan akhlak yang baik selama prosesi haji. Seperti, tolong menolong kepada jamaah haji lainnya,  dan menuturkan perkataan yang baik.

“Sebagai duta umat muslim dari Depok dan tamunya Allah, Calhaj harus memperlihatkan hal-hal yang baik karena di sana sangat menguji kesabaran dan jangan sampai merusak prosesi haji,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi mengungkapkan, pelaksanaan Manasik Haji akan berlangsung selama enam kali. Dua kali dilaksanakan tingkat kota dan empat kali di masing-masing kecamatan.

“Jemaah haji akan berangkat menjadi tiga bagian. Kloter 8 pada 9 Juni, kloter 36 pada 28 Juni, dan kloter 41 pada 30 Juni. Total ada 776 calon jemaah haji,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id