Menu

Dark Mode
Universitas Gunadarma Hadirkan Inovasi Digital untuk UMKM: Platform Pemasaran dan Manajemen Penjualan Melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Terekam Kamera, Inilah Dia Pelaku Pengrusakan Baliho Imam Ririn Sidang Perkara Gugatan PT. Harapan Motor : Pihak Tergugat Tekankan Kooperatif dalam Proses Hukum GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1 PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024 Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat”

Ragam

Universitas Gunadarma Hadirkan Inovasi Digital untuk UMKM: Platform Pemasaran dan Manajemen Penjualan Melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat

badge-check


					Universitas Gunadarma Hadirkan Inovasi Digital untuk UMKM: Platform Pemasaran dan Manajemen Penjualan Melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Perbesar

DepokNews–Universitas Gunadarma terus mengukuhkan peran aktifnya dalam mendorong digitalisasi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui program hibah pengabdian Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek, Universitas Gunadarma yang bermitra dengan UMKM Mekarsari menghadirkan tiga platform digital inovatif untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan manajemen penjualan.

Tak hanya menyediakan platform, program ini juga melibatkan dosen dan mahasiswa Universitas Gunadarma dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, di mana mereka ikut memberikan pelatihan dan pendampingan intensif agar pelaku usaha dapat memaksimalkan penggunaan platform tersebut. Tiga platform digital yang dihasilkan dari program PKM ini, yaitu Website Katalog Mekari, Website Pencatatan Penjualan, dan Website Builder, telah diuji coba pada workshop bertajuk “UMKM CERDAS: Optimalisasi Platform Pemasaran Digital dan Manajemen Penjualan UMKM Berbasis Website” (9/10).

Dalam acara workshop yang dihadiri oleh pelaku UMKM, dosen, dan mahasiswa, pihak universitas menekankan pentingnya transformasi digital dalam menjaga daya saing bisnis di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Ketua Prodi Magister Manajemen Universitas Gunadarma Henny Medyawati menyampaikan, “Inovasi ini merupakan bukti nyata bahwa perguruan tinggi tidak hanya berperan dalam dunia akademis, tetapi juga menjadi agen perubahan yang berkontribusi langsung pada pengembangan ekonomi masyarakat. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM Mekarsari dan UMKM lainnya di Indonesia dalam menghadapi tantangan pasar global yang semakin kompetitif di tengah era digitalisasi.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Beny Susanti selaku Kepala Tax Center Universitas Gunadarma. Dengan hadirnya inovasi digital ini, UMKM Mekarsari kini memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan produktivitas, memperluas pasar, dan pada akhirnya dapat berkembang dan bersaing di era digital. Program ini bukan hanya tentang menghadirkan teknologi, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan bagi UMKM sehingga UMKM bisa lebih cepat naik kelas.

Dona Suzana selaku Staf Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Gunadarma menuturkan, program PKM menjadi salah satu dari sekian banyak inisiatif yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma untuk mendukung pembangunan ekonomi berbasis teknologi. Dengan dukungan teknologi yang inovatif dan program pemberdayaan yang inklusif, Universitas Gunadarma berhasil menghadirkan solusi nyata bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia melalui berbagai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Ke depan, universitas melalui LPM berencana untuk terus melakukan pengembangan dan pembaruan berbasis teknologi, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun sektor swasta, untuk memperluas dampak positifnya.

Acara utama dalam workshop ini adalah sesi praktek penggunaan platform yang telah dihasilkan dari program hibah PKM, di mana platform ini mengintegrasikan teknologi terkini untuk memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka secara online dengan lebih optimal, mengelola stok barang, hingga melakukan analisis penjualan secara real-time. “Platform-platform ini menjadi solusi bagi UMKM Mekarsari yang selama ini kerap terkendala dengan minimnya akses terhadap teknologi dan sumber daya digital,” ungkap Dewi Putrie Lestari selaku Ketua Program Hibah PKM.

Website Katalog Mekari yang dihasilkan oleh mahasiswa Informatika Universitas Gunadarma, Muhammad Salman Faras Khairyandena dan Huzaifah Khanif Algibban ini dirancang untuk membantu UMKM menampilkan produk-produk mereka secara profesional dalam bentuk katalog digital yang mudah diakses konsumen. Katalog ini memungkinkan pelaku usaha memamerkan berbagai produk unggulan mereka dengan informasi lengkap, foto produk berkualitas tinggi, serta fitur pemesanan langsung yang terintegrasi. Website ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti sistem manajemen pelanggan (Customer Relationship Management/CRM) berupa live chat dan integrasi dengan media sosial.

Sementara itu, Website Pencatatan Penjualan menjadi solusi utama dalam pengelolaan transaksi. UMKM kini dapat mencatat penjualan secara digital, memantau stok barang, serta menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. Nola Marina selaku pengembang website sekaligus anggota Tim Pelaksana Program Hibah PKM mengungkapkan bahwa kehadiran platform ini dapat membantu pelaku usaha meminimalkan kesalahan pencatatan dan mempermudah pemantauan arus kas secara real-time. Selain itu, UMKM juga dapat melacak perkembangan bisnis mereka melalui dashboard yang menyajikan data penjualan secara visual.

Pada sesi praktek penggunaan Website Builder oleh Feni Andriani selaku tim pengembang website bersama mahasiswa Informatika Universitas Gunadarma, Muhamad Zidan Indratama dan Adhis Mauliyahsa Ashafaat mengajak para UMKM untuk membuat situs website mereka dengan memasukan data usaha dan produk, selanjutnya memilih template desain sesuai dengan selera serta jenis usaha yang kemudian dihasilkan situs website secara otomatis sesuai dengan data yang dimasukan tanpa melakukan coding. Website Builder dirancang dengan antarmuka yang intuitif, memastikan pengalaman pengguna yang nyaman dan efisien. Selain itu, pada website ini terdapat teknologi generate text untuk menghasilkan teks prediktif secara otomatis yang memudahkan UMKM dalam menampilkan kata-kata yang mendukung tampilan website.

Dini Windu Asih pemilik Brand UMKM Mbrebes Mili sekaligus Ketua Kelompok UMKM Mekarsari menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Gunadarma yang telah membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Mekarsari terkait pemasaran digital dan manajemen pencatatan penjualan. “Platform yang dihasilkan sangat relavan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh para pelaku UMKM Mekarsari, kami merasa sangat terbantu dengan adanya platform ini. Dulu, kami kesulitan mengelola penjualan online dan mencatat transaksi. Sekarang semuanya jadi lebih mudah, dan kami bisa lebih fokus mengembangkan produk,” ujar Dini.

Selain sesi praktek penggunaan platform, pada workshop ini juga disediakan Pojok Konsultasi UMKM. Di sini, peserta dapat berkonsultasi langsung dengan tim dosen Pengabdian kepada Masyarakat Tax Center Gunadarma periode PTA 2024/2025 terkait desain, digital marketing, laporan keuangan dan pajak, serta praktik foto produk. Para peserta antusias untuk praktek secara langsung bagaimana menempatkan produk serta properti foto yang digunakan sehingga hasil foto produk terlihat bagus dan menarik untuk mereka pajang di Website Katalog Mekari dan Website Builder.

Facebook Comments Box

Read More

Terekam Kamera, Inilah Dia Pelaku Pengrusakan Baliho Imam Ririn

18 October 2024 - 17:29 WIB

Sidang Perkara Gugatan PT. Harapan Motor : Pihak Tergugat Tekankan Kooperatif dalam Proses Hukum

18 October 2024 - 15:37 WIB

GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1

17 October 2024 - 14:09 WIB

PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024

16 October 2024 - 18:23 WIB

Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat”

16 October 2024 - 13:31 WIB

Trending on Ragam