Menu

Dark Mode
Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Mohamad Nur Hidayat: Permodalan UMKM tidak Selalu Terkait dengan Uang KREATIF KELOLA BISNIS RUMAHAN SUPPORT PENDIDIKAN ANAK Kolaborasi Biman Foundation, UI, dan Zakat Sukses pada Charity for All di Timor Leste Momentum Milad Ke 26 STEI SEBI Mewisuda 230 Lulusan Yang Bertabur Capaian Seru! 25 Tim atau 125 Pemuda Depok Panaskan Kompetisi Mobile Legends ImamRirin Cup, Sambutan Bang Imam Bikin Semangat Guru TKIT Nurul Fikri Raih Terbaik Kedua Guru TK Inovatif Provinsi Jawa Barat

Ragam

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Mohamad Nur Hidayat: Permodalan UMKM tidak Selalu Terkait dengan Uang

badge-check


					Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Mohamad Nur Hidayat: Permodalan UMKM tidak Selalu Terkait dengan Uang Perbesar

DepokNews – Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Mohamad Nur Hidayat berpendapat permodalan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) _ansich_ memang tidak selalu terkait dengan uang secara langsung. Modal dalam konteks UMKM bisa mencakup berbagai aspek selain uang, seperti:

*1. Modal Sosial:*

Jaringan atau koneksi yang dimiliki oleh pemilik usaha. Hal ini bisa berhubungan dengan dukungan dari pemerintah, komunitas, kemitraan bisnis, atau bahkan kepercayaan yang dibangun antara pemilik usaha dan pelanggan. Dengan dipercayanya produk-produk lokal dalam mengisi bazaar pemerintah/swasta, rapat-rapat kedinasan, ruang-ruang publik, dan lain-lain.

*2. Modal Pengetahuan:*

Pelatihan-pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Keahlian, keterampilan, dan pengalaman yang dimiliki oleh pemilik atau tenaga kerja di dalam UMKM. Pengetahuan yang didapat dari pelatihan-pelatihan ini dapat membantu dalam pengelolaan usaha, inovasi produk, dan strategi pemasaran.

*3. Modal Teknologi:*

Menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, mempermudah proses produksi, pemasaran, dan distribusi. Teknologi dapat menjadi modal yang sangat penting dalam mengembangkan UMKM di era digital, lewat pelatihan marketing online bagaimana memasarkan melalui media sosial, marketplace, dan lain-lain.

*4. Modal Branding dan Reputasi:*

Citra dan reputasi yang dibangun oleh sebuah usaha bisa menjadi modal yang berharga untuk menarik pelanggan dan mitra bisnis. Dalam banyak kasus, kepercayaan yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek/brand/logo dapat menjadi lebih berharga daripada modal finansial.

*5. Modal Fisik:*

Infrastruktur yang baik, perlengkapan, dan bahan baku yang diperlukan untuk menjalankan usaha, yang sering kali juga dianggap sebagai bentuk modal selain uang.

Jadi, meskipun uang sering kali menjadi faktor penting dalam pengembangan UMKM, banyak faktor lain yang juga memainkan peran kunci dalam kelangsungan dan pertumbuhan usaha tersebut. Pendampingan 5.000 WUB di setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Depok adalah salah satu contohnya.

*Mohamad Nur Hidayat*
Anggota DPRD Kota Depok Komisi B FPKS

Facebook Comments Box

Read More

KREATIF KELOLA BISNIS RUMAHAN SUPPORT PENDIDIKAN ANAK

15 November 2024 - 03:45 WIB

Kolaborasi Biman Foundation, UI, dan Zakat Sukses pada Charity for All di Timor Leste

14 November 2024 - 19:41 WIB

Momentum Milad Ke 26 STEI SEBI Mewisuda 230 Lulusan Yang Bertabur Capaian

14 November 2024 - 11:03 WIB

Seru! 25 Tim atau 125 Pemuda Depok Panaskan Kompetisi Mobile Legends ImamRirin Cup, Sambutan Bang Imam Bikin Semangat

14 November 2024 - 09:20 WIB

Guru TKIT Nurul Fikri Raih Terbaik Kedua Guru TK Inovatif Provinsi Jawa Barat

14 November 2024 - 09:01 WIB

Trending on Ragam