Abdimas, Pemberian Pembekalan Persiapan Belajar Pada Kelompok Belajar Bina Cendikia Lenteng Agung Jaksel

Bersama peserta penyuluhan dan Nara Sumber

DepokNews–Perguruan Tinggi mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat atau Abdimas yang merupakan bentuk pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang langsung diberikan kepada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah yang menjadi tanggung jawab dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan dan tercapainya tujuan Pembangunan Nasional khususnya di bidang pendidikan

Tindakan nyata Pengabdian Kepada Masyarakat atau Abdimas ini dilakukan secara terstruktur institusi, terprogram dan berkelanjutan dalam aplikasi iptek yang dapat langsung menyentuh kebutuhan masyarakat akan dapat dirasakan secara signifikan. Berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat terutama di era yang serba digital, tampaknya akan  menjadi fokus perhatian Universitas Gunadarma. Diharapkan masyarakat luas sangat berharap Universitas Gunadarma dapat berkontribusi lebih banyak dalam memecahkan berbagai permasalahan bangsa umumnya dan khususnya di kelompok belajar masyarakat pada Yayasan Bina Hafidz Cendikia Indonesia Lenteng Agung Jakarta Selatan yang pada semester genap tahun akademik 2023/2024 ini dijadikan tempat untuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat kelompok Universitas Gunadarma adalah pemberian pembekalan persiapan memasuki pendidikan lanjut bagi orang tua peserta didik kelompok belajar Bina Cendikia. Yang melatar belakangi pada pemberian penyuluhan ini adalah bahwa pelaksanaan kegiatan pendidikan sebagian besar telah dilakukan dalam sekolah formal, namun tidak selamanya pendidikan disekolah formal berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Ada sebagian anak terkadang mengalami hambatan dan kesulitan dalam belajar, seperti hambatan berprestasi dan kurangnya motivasi untuk belajar. Hal ini nampak dari sebagian anak menunjukkan hasil prestasi yang kurang maksimal dan semangat motivasi untuk belajar masih kurang serta kecenderungan waktu yang digunakan untuk bermain lebih dominan daripada untuk belajar.

Kegiatan Abdimas ini dilakukan pada hari Jumat, 21 Juni 2024 yang dimulai pukul 08:00 WIB bertempat di halaman Sekretariat Bina Hafidz Cendikia Indonesia Lenteng Agung Jakarta Selatan. Peserta dari kegiatan ini adalah para orang tua dari peserta didik yang sudah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan belajar mengajar pada Yayasan tersebut selama setahun.

“Ada tiga hal yang harus diperkenalkan kepada anak ketika akan memasuki pendidikan dasar yaitu membiasakan diri untuk disiplin waktu, komitmen untuk selalu belajar dan mentaati tata tertib dan peraturan yang dikeluarkan oleh sekolah” kata Bapak Randy

Antusias masyarakat begitu besar pada kegiatan ini yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada Bapak Randy Napitupulu sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut. Di sis lain Ibu Zeni Afrilya menambahkan juga “Orang tua harus dapat memberikan contoh yang baik kepada anak, karena keluarga adalah madrasah pertama sebelum anak bersosialisasi di luar termasuk di sekolah”

Tujuan  yang diharapkan dari kegiatan pemberian penyuluhan tersebut di antaranya adalah  membentuk dan mengembangkan peserta didik yang berkarakter unggul dan menciptakan  komunitas belajar yang dinamis dan mempunyai semangat belajar  yang tinggi sehingga dapat lebih berkompetitif lagi.