Abdimas : Universitas Gunadarma Terapkan Manajemen Pemasaran dalam Positioning Merk Seeowrens Untuk Perkuat Brand UMKM Depok

Penulis Dr. Sri Rakhmawati

DepokNews–Abdimas Dosen Ekonomi Manajemen Universitas Gunadarma Menerapkan Manajemen Pemasaran dalam Positioning Merk Seeowrens Untuk memperkuat Brand UMKM Kota Depok

Tema Pengabdian Masyarakat Periode ATA 2023/2024 “ Positioning Merk Seeowrens” Dosen Ekonomi Managemen UG melakukan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (abdimas), dengan Mitra “Markisa Manis Desa Pasirputih, Sawangan untuk menanam buah markisa, sebagai kelanjutan dari kegiatan abdimas yang sudah dijalankan terus menerus dimulai sejak tahun 2019.

Produk dari buah markisa yang sudah dihasilkan selama pengabdian adalah berbentuk produk minuman Markisa Manis dengan Merk Seeowrens. Minuman ini dinikmati dengan langsung diminum dan sangat terasa kesegaran dan kelezatan buah markisa yang kaya akan vitamin dan mineral. Minuman Markisa dengan Merk Seeowrens ini belum dikenal masyarakat luas. Hal ini disebabkan buah markisa yang masih langka di daerah Depok, dan tanaman markisa masih dianggap tidak bernilai ekonomis sehingga jarang sekali petani yang mau memulai menanam tanaman buah markisa.

Buah markisa mulai dibudidayakan secara ekonomi di Kebun Pasirputih, Sawangan sebagai pemberdyaan masyarakat melalui kegiatan abdimas UG yang berkelanjutan. Hasil kebun markisa dari mitra binaan dibeli rutin setiap kali panen sebagai pendapatan petani yang bernilai ekonomi. Buah markisa langsung diolah diambil sari buahnya sebagai bahan dasar Minuman Markisa Manis Merk Seeowrens dan minuman Teh Markisa yang mulai digemari konsumen. Harga minuman segar Teh Markisa yang terjangkau yaitu Rp 5000,- per botol ukuran 250 ml, rasanya segar alami . Sejak di produksi Teh Markisa pesanan mulai meningkat, diharapkan merupakan Positioning Merk Seeowrens menguat, melalui produk Teh Markisa.

Kegiatan rutin abdimas kelompok Manajemen juga rutin mengadakan pameran dan bazar, yang kali ini di lakukan pada tanggal 20 Juli di lapangan Sukatani, kelurahan Cimanggis, Tapos Depok. Dalam pameran sekaligus edukasi masyarakat akan fungsi dan manfaat buah markisa bagi kesehatan. Buah markisa, dengan segala kelezatan dan keunikannya, membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.