istimewa

DepokNews – Imam Musanto selaku anggota DPRD Kota Depok Komisi A Fraksi PKS sekaligus Ketua Persatuan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kecamatan Pancoran Mas menghadiri penyuluhan Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Peduli Kampung TB (KAPITU).

Penyuluhan ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat (UPTD) Puskesmas Kelurahan Pancoran Mas, penyuluhan ini berlokasi di aula Kelurahan Pancoran Mas pada hari Senin (01/11/21) Penyuluhan ini merupakan upaya penanganan permasalahan Tuberculosis (TBC), yang bukan hanya terjadi karena masalah sektor kesehatan saja, tapi dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan disekitar tempat tinggal pasien yang menderita TB.

Imam Musanto menuturkan bahwa fasilitas Kader Kesehatan masyarakat adalah menjadi subyek utama dalam upaya pembangunan kesehatan terutama pada penyakit TB, agar mampu membuat masyarakat melakukan pola hidup sehat dengan baik dan benar.

“Memberikan fasilitas yang lengkap kepada Kader kesehatan terkait permasalahan TB merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan masyarakat yang dari sebelumnya bersifat sentralistik, dan top down, menjadi lebih partisipatif dan bottom up, sehingga dapat memacu pemberantasan penyakit TB di Kota Depok terutama diwilayah Kecamatan Pancoran Mas ini,” ujar Imam Musanto.

Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh Ketua UPTD Puskesmas Pancoran Sih Mahayanti, Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat, Lurah Pancoran Mas Moh. Soleh, serta Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas, Bapak Mamat Labet.