Anggota dan Bhayangkari Polsek Panmas Jalani Skrining Kesehatan

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang bekerja sama dengan Polsek Pancoran Mas (Panmas) melakukan pemeriksaan atau skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi seluruh anggota polisi dan Bhayangkari di Polsek Panmas. Kegiatan yang digelar pada 10-11 Juni 2022 tersebut,  diikuti sebanyak 77 orang.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari menjelaskan, dari sasaran 99 orang,  yang berhasil diperiksa sebanyak 77 orang. Skrining kesehatan dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan para anggota polisi.

“Hasilnya beberapa anggota polisi dan Bhayangkari ada yang menderita tekanan darah tinggi, asam urat, dan diabetes,” jelasnya, Senin (13/06/22).

Naweng mengungkapkan, PTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Adapun yang termasuk kategori PTM di antaranya stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).  Serta gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Selain skrining kesehatan, lanjutnya, pihaknya juga mengukur tinggi badan dan berat badan para anggota untuk mengetahui Indeks Masa Tubuh atau Body Mass Index (BMI).

“Kami periksa tekanan darah dan gula darah para anggota, serta pemeriksaan kolesterol dan asam urat. Alhamdulillah sebagian besar para anggota sehat,” ungkapnya.

Sumber : depok.go.id