Antisipasi Banjir PUPR Depok Siapkan Alat Berat

Proses pengerukan yang dilakukan Dinas PUPR Depok (Istimewa)
DepokNews- Kepala Dinas PUPR Kota Depok Manto menjelaskan pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat berat, pada beberapa lokasi yang terdapat cekungan dan perbatasan kali sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir disaat musim penghujan.
“Selain menyediakan alat berat di enam titik untuk meminimalisir terjadinya banjir maupun genangan, kami juga akan secepatnya menyelesaikan pengerjaan pengangkatan sedimen kali dan normalisasi situ, mengingat saat ini intensitas hujan mulai tinggi,” terang Manto, belum lama ini.
Mantan Kabag Umum Setda Kota Depok ini juga menegaskan, kurang lebih enam alat berat yang disiagakan antara lain jenis amfibi yang ditempatkan di Kali Pesanggrahan, spider di Kaki Cipayung Jaya, spider mini di saluran tersier bangunan Ciliwung Katulampa 13 (BCK 13), truxor di Situ Bojongsari, eskavator di Situ Universitas Indonesia (UI) dan juga di Situ Pedongkelan.
“Kami juga lakukan pengerjaan normalisasi di enam lokasi tersebut secara masif,” paparnya.
Manto menambahkan, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) juga ikut melakukan normalisasi sungai di beberapa titik lokasi seperti Situ Pangarengan, Situ Cilangkap dan Situ Citayam.
“Normalisasi juga dilakukan pihak BBWSCC, karena Kota Depok merupakan daerah penyangga air sebelum air tersebut sampai ke Jakarta. Upaya ini juga bentuk kesiapan kami dalam menghadapi musim hujan. Mudah-mudahan Kota Depok bisa lebih maksimal menampung air,” tutup Manto.(mia)