Ayo Warga Depok Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Upaya Pencegahan TBC

DepokNews- Seketaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri turut serta menghadiri Pertemuan Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring District-Based Public-Private Mix (DPPM) untuk Optimalisasi Terkait Layanan Tuberkulosis (TBC) di Hotel Bumi Wiyata.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, Bang SS memberikan pemahaman tentang pentingnya upaya pencegahan TBC. Ia menjelaskan bahwa salah satu langkah utama dalam pencegahan TBC adalah dengan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat. Tidak hanya itu, rutinitas minum obat bagi para pasien TBC hingga sembuh juga menjadi kunci dalam mencegah penularan infeksi TBC.

“Upaya pencegahan TBC ini seharusnya dimulai dari pembiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat. Selain itu, kedisiplinan dalam mengonsumsi obat adalah langkah penting dalam mencegah penularan TBC,” ujar Bang SS dalam acara Pertemuan Komunitas dan Pemangku Kepentingan DPPM.

Bang SS juga menekankan perlunya peran kelompok masyarakat dan komunitas yang terdampak oleh TBC. Ia menyebut bahwa pendekatan multisektor dan interaksi yang erat dengan masyarakat sangat diperlukan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Proses peningkatan derajat kesehatan masyarakat memerlukan kerja sama yang berkelanjutan. Bang SS berharap bahwa semua pihak dapat bersinergi untuk menciptakan masyarakat yang menjalani hidup bersih, sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit, terutama TBC.

“Kita perlu bersama-sama sadar dan bergerak untuk melakukan pencegahan, terutama melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tambahnya.

Penyakit Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit bakteri yang dapat berdampak serius, terutama pada kesehatan paru-paru. Oleh karena itu, ketika ada kasus TBC, investigasi harus dilakukan terhadap keluarga dan kontak serumah guna memastikan penularan tidak meluas.

Dalam pertemuan ini, Bang SS berusaha mengingatkan semua pihak akan pentingnya kerjasama dalam mengatasi TBC dan mengajak masyarakat untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari penyakit TBC.