DepokNews – Bidang Tani dan Nelayan (BTN) PKS Kota Depok tidak henti-hentinya mendorong dan mempromosikan kegiatan-kegiatan pertanian perkotaan ( urban farming ) baik ke kalangan internal kader PKS dan secara luas kepada masyarakat umum di Kota Depok. Komitmen BTN PKS Depok adalah mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga melalui program Pekarangan Keluarga Sehat (PKS) dan mencetak para pengusaha pertanian ( agripreneur ) dari kalangan milenial Kota Depok.

Selasa, 08/03/2022 pagi hari yang cerah sebagai rangkaian kegiatan site visit Pengurus BTN PKS Depok ke demplot-demplot binaannya, berlokasi di Kelurahan Sukamaju, Cilodong sejumlah Pengurus BTN bersilaturahmi kopi darat bersama operator demplot hidroponik, kegiatan dirangkai dengan konsep Tahadduts bi an-Ni’mah sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas segala kemudahan yang diberikan-Nya.

Demplot hidroponik di Sukamaju tergolong unik karena memiliki dampak sosial yang luas, beranggotakan para janda dan dhu’afa pra sejahtera yang berasal dari lokasi sekitar demplot, demplot ini menjadi sangat ideal bagi basis kegiatan pengembangan komunitas ( community development ) yang sangat potensial disinergikan dengan program-program lain seperti CSR, wakaf pertanian dan sebagainya.

Ketua BTN PKS Kota Depok, Dede Sahlan hadir mengunjungi dan menyapa para Duta Tani PKS dan para Relawan Tani PKS di lokasi. “Alhamdulillah, progress dan perkembangan demplot hidroponik ini luar biasa, di luar ekpektasi kami bahkan menjadi magnet aktivitas positif bagi masyarakat sekitar, inilah model program yang sangat kami harapkan bisa di duplikasi di kelurahan-kelurahan lain”, ucap Dede di sela acara panen perdana hasil pertanian hidroponik di demplot.

“Demplot Sukamaju merupakan kelompok binaan BTN PKS Kota Depok, salah satu model terbaik yang menurut kami layak dijadikan percontohan untuk peningkatan skala industri berbasis rumah tangga, karena kami menyediakan paket pelatihan gratis dalam format Sekolah Tani PKS yang menjadi program unggulan Departemen Tani PKS”, imbuh Widiarto, Kepala Departemen Tani BTN PKS Kota Depok.

“Program ini merupakan tahap lanjutan sekaligus penguatan khidmat PKS Depok bagi warga sekitar, sebagaimana tagline PKS Depok yaitu khidmatul ummah (pelayanan masyarakat luas), BTN PKS Kota Depok berkomitmen melalui program demplot dan Sekolah Tani untuk melayani masyarakat Kota Depok dan menguatkan basis politik di akar rumput melalui edukasi politik kebangsaan yang santun, cerdas dan bermartabat”, tutup Dede sekaligus mengakhiri kunjungan dengan doa syukur kepada Allah SWT. Semoga makin menambah keberkahan bagi warga Kota Depok.

[yahya]