Kegiatan pelatihan Usaha Peningkatakan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Aula Kantor Kelurahan Baktijaya. (Foto: Diskominfo)

DepokNews – Kelurahan Baktijaya menggelar pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) bagi warga RW 21. Berlangsung selama tiga hari, kegiatan ini bertujuan untuk membantu penguatan ekonomi warga di wilayah tersebut. 

“Hari ini sudah masuk hari kedua, dengan tema kegiatan adalah melalui pelatihan keterampilan, kita tingkatkan pendapatan keluarga sejahtera di RW 21 Kelurahan Baktijaya. Pesertanya sebanyak 25 orang,” ujar Sekretaris Kelurahan (Sekel) Baktijaya, Ismet Suryadi, usai membuka kegiatan tersebut, Jumat (12/11/21). 

Dirinya mengungkapkan, pelatihan yang diberikan berupa teori dan praktik. Seperti membuat kerajinan dompet serta memasak. 

“Hari ini praktik menghias dompet, kalau besok ada pelatihan memasaknya juga,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Ismet mengatakan, setelah mendapatkan pelatihan para peserta akan diberdayakan oleh Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kelurahan Baktijaya. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah memasarkan kerajinan yang mereka buat. 

“Karya-karya mereka nanti dikumpulkan, dipasarkan melalui komunitas tersebut, agar lebih mudah memasarkannya,” jelasnya. 

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Puji Astuti mengaku senang dengan adanya pelatihan ini. Dia pun berharap ilmu yang diperoleh bisa membantu meningkatkan perekenomian keluarganya. 

“Tentu senang ya, jadi bisa nambahin uang bulanan, buat nambah-nambahin beli kebutuhan pokok,” ungkapnya. 

Sumber : depok.go.id