Salah satu tahapan skrining kesehatan yang dijalankan ASN Kota Depok. (Foto: Istimewa)

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok hari ini mulai melakukan skrining kesehatan di setiap perangkat daerah. Skrining dilakukan dengan beberapa pemeriksaan kesehatan oleh para petugas kesehatan. 

“Setiap ASN harus mengikuti beberapa rangkaian skrining kesehatan yang kami sediakan,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah, Senin (24/01/22).

Zakiah menjelaskan, tahapan skrining tersebut dimulai dari Pemeriksaan Indeks Masa Tubuh (IMT), pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, dan pemeriksaan kolesterol. 

Selanjutnya, ujar Zakiah, pemeriksaan obesitas sentral, pemeriksaan IVA dan Sadanis, Self-Reporting Questionnaire (SRQ) kesehatan jiwa, pemeriksaan HB, skrining NAPZA, serta skrining penyakit menular yaitu HIV, Sifilis, Hepatitis B, dan TBC. 

“Seluruh ASN akan menjalani skrining dan sebelumnya diingatkan untuk berpuasa,” tambahnya. 

Dalam hal ini, tambah Zakiah, dari hasil skrining jika ASN mengalami gangguan kesehatan akan dilakukan pendampingan lebih lanjut. Selain juga akan diberikan rujukan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Sumber: depok.go.id