Beri Keamanan Penumpang Dinkes Depok Tes Kesehatan Supir Jelang Mudik

DepokNews- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Lies Karmawati mengatakan, pihaknya akan melakukan tes kesehatan bagi sopir dan kondektur bus angkutan mudik lebaran 2018 di Terminal Depok. Upaya tersebut dimaksudkan agar lebih memastikan kelancaran saat perjalanan mudik para penumpang bus antar kota dan antar provinsi.
Dalam pelaksanaan tes kesehatan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Kerja sama itu dalam mengkoordinir sopir dan kondektur bus.
“Kami bersinergi dengan Dishub dalam pemeriksaan kesehatan agar lebih mudah dalam pelaksanaannya,” tuturnya di Terminal Depok, Kamis (31/05/2018).
Dalam tes kesehatan yang dilakukan Dinkes meliputi tes urine untuk mengetahui kandungan  Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), pemeriksaan kolesterol, tekanan darah, gula darah, serta konseling kesehatan.
Lies menuturkan, jika hasil pemeriksaan ditemukan sopir atau kondektur yang mengalami gangguan kesehatan akan dirujuk ke rumah sakit. Selain itu juga akan diberhentikan sementara dalam mengendarai bus karena akan membahayakan para penumpang.
“Kalau ada yang positif terkena gangguan kesehatan segera kami tindaklanjuti dan tidak diperbolehkan mengendarakan bus,” tandasnya.(mia)