Cegah Stunting, Kader Posyandu Kelurahan Depok Ciptakan Menu Tambahan Bergizi Seimbang

DepokNews – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Depok berupaya untuk tidak ada lagi anak yang terindikasi stunting di wilayahnya.

Salah satu upaya yang dilakukan TP-PKK Kelurahan Depok adalah menyiapkan menu lokal kudapan atau makanan tambahan bergizi seimbang untuk mencegah anak stunting.

Ketua TP-PKK Kelurahan Depok, Murdianah menjelaskan, beberapa hari lalu pihaknya menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bagi balita untuk mencegah stunting.

“Lomba ini diikuti para kader posyandu, mereka membuat kudapan dengan bahan-bahan yang telah ditentukan, khusus untuk balita usia dua tahun ke bawah,” jelasnya, Jumat (26/07/24).

Murdianah mengungkapkan, lomba ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kader Posyandu tentang asupan yang seharusnya diberikan kepada anak terindikasi stunting.

Lanjutnya, anak stunting harus mengonsumsi makanan tinggi protein dan zat besi yang diimbangi dengan makanan tinggi vitamin C.

“Kami berharap para kader mampu mengedukasi para ibu untuk memberikan asupan makanan untuk anaknya agar tidak stunting,” papar Murdianah.

Sebagai informasi, saat lomba tersebut TP-PKK Kelurahan Depok juga menghadirkan Ahli Gizi dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Pancoran Mas agar memberikan informasi dan ilmu kepada kader tentang asupan gizi yang baik bagi anak-anak.

Adapun menu yang dihasilkan adalah sandwich telur, kroket telur ayam wortel, dan kroket ikan nila telur daun kelor.

Sumber : depok.go.id

Published
Categorized as Ragam