Cek Penerapan Prokes, Wali Kota Sidak Pusat Perbelanjaan ITC Depok

DepokNews – Wali Kota Depok, Mohammad Idris melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pusat perbelanjaan ITC Depok. Sidak dilakukan dalam rangka mengecek penerapan protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan baik oleh pengelolan pusat perbelanjaan maupun pengunjung.

“Secara umum dari sisi sistem sudah bagus, mungkin nanti dari mekanisme dan operasionalnya harus bisa berkelanjutan. Sebab selalu saja ada yg lupa, pasti ada yang lupa satu dua orang, makanya mengingatkan itu perlu sekali,” ujar Mohammad Idris, usai sidak prokes di ITC Depok  Minggu (23/01/22).

Menurutnya, sidak kali ini juga dalam rangka mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, terutama disebabkan oleh varian Omicron. Sebab, meski tidak menimbulkan gejala terlalu berat,  namun varian baru ini penyebarannya cukup cepat.

“Gejalanya flu, pilek, kita biasanya kalau flu pilek, tidak begitu dipermasalahkan (no problem) nah ini harus hati-hati, ini salah satu gejala yang harus diwaspadai apalagi biasanya disertai dengan demam.  Harus segera diperiksa dan orang tuanya harus lebih peduli terhadap anak-anaknya, seperti ke tempat-tempat seperti ini (ITC-red),” jelasnya.

Dalam sidak kali ini, Mohammad Idris juga memberi atensi dan evaluasi untuk keberadaan wahana permainan anak. Menurutnya, pada wahana permainan anak banyak terjadi sentuhan, sehingga perlu dilakukan pembersihan dengan disinfektan secara berkala.

“Ini bisa diantisipasi dengan orang tuanya dianjurkan ketika anaknya bermain dia punya handsanitizer atau pemilik permain ini siapkan handsanitizer. Jadi, ketika anak sudah selesai bermain, disemprot tangannya dan dari pihak ITC nanti setiap beberapa jam sekali bisa dilakukan disinfektan,” tandanya.

Sumber: depok.go.id