Butuh 23 Ribu PJU di Depok, Dishub Baru Pasang 10 Ribu PJU

DepokNews- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, Kota Depok membutuhkan 23 ribu lampu Penerangan Jalan umum (PJU), untuk menerangi seluruh titik jalan.

Sedangkan di Tahun 2021, sudah terpasang 10.696 lampu PJU, yang tersebut di Jalan Protokol di 11 kecamatan di Depok.

“Jadi, saat ini masih menyisakan kurang lebih 12 ribu yang belum terpasang,” jelas Eko, belum lama ini.

Menurut Eko, untuk 12 ribu lampu PJU yang belum terpasang juga sudah dipetakan, yakni terdiri dari 3.000 titik adalah lampu PJU di jalan-jalan protokol dan 9.900 titik lampu PJU yang terletak di jalan lingkungan.

“Selain itu, pihak kelurahan juga sudah di delegasikan untuk menangani pemasangan PJU jalan lingkungan,” ungkapnya.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), masing-masing kelurahan telah mendapatkan pagu anggaran untuk pembangunan di wilayah.

“Untuk mengejar kebutuhan PJU di jalan lingkungan, bisa melalui kelurahan karena mereka punya pagu anggarannya sendiri dan lebih tahu prioritas lokasinya,” tegasnya.

Eko menjelaskan, petugas selalu disiagakan untuk memantau PJU guna pemeliharaannya. Untuk memelihara kondisi lampu PJU yang sudah terpasang, 15 personel disiagakan dengan armada empat mobil crane, dan satu mobil crane besar.

“Tugasnya juga memperbaiki PJU yang rusak,” ujarnya.

Eko berharap, masyarakat juga dapat melapor jika terdapat lampu PJU yang tidak berfungsi. Pihaknya menyediakan call center 02178900083 yang dapat diakses pada jam kerja. Kemudian, bisa juga menghubungi layanan Emergency Call 112 dan aplikasi Sigap milik Kota Depok.

“Belasan petugas yang bersiaga itu dibagi berdasarkan wilayah timur dan barat. Sebanyak 15 orang dibagi dua wilayah, barat di Pancoran Mas, Sawangan, Limo, Bojongsari, dan Cinere. Kalau timur itu Sukmajaya, Cilodong, Tapos, dan Cimanggis,” tandas Eko.

Previous articleAwali Tahun 2022 Wilayah Kebayunan Tapos Diliputi Asap Fogging
Next articleDepok Siap Gelar PTM 100 Persen, Ketua DPRD Depok Ingatkan Sekolah Tentang Penerapan Protkes