DepokNews–Bertempat di Lapangan Nenas Sport Centre RW 003 Kelurahan Depok Jaya, Festival Depok Jaya Keren 2021 sukses digelar pada hari Sabtu (13 November 2021) pukul 8.00 – 17.00 WIB. Penyelenggara acara festival adalah Kelurahan Depok Jaya berkolaborasi dengan komunitas Mantap Pancoran Mas (MAPAN). Festival yang bertujuan untuk mengangkat UMKM di wilayah Depok Jaya ini mengusung tema “Bangkit di Masa Pandemik” dan slogan “Kreatif, Energik, Mandiri” yang disingkat “KEREN.”

Acara ini dihadiri oleh Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat, Lurah Depok Jaya Herman, dan aleg PKS Depok dapil Pancoran Mas Moh. Hafid Nasir. Festival Depok Jaya KEREN 2021 diikuti sekitar 14 stand UMKM, bazar (kuliner, fashion, dan kerajinan), dan RKI (Rumah Keluarga Indonesia) Kelurahan Depok Jaya.

Menurut Lurah Depok Jaya, Herman, Festival Depok Jaya Keren ini bertujuan untuk mengangkat UMKM yang ada di wilayah Depok Jaya. “Panjangnya pandemi corona telah membuat beberapa UMKM di wilayah Depok gulung tikar. Karenanya perlu ada campur tangan pemerintah setempat untuk membantu para pengusaha UMKM agar hidup kembali,” jelas Herman.

Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat, dalam sambutannya amat mengapresiasi acara yang diikuti oleh beberapa perwakilan pengusaha UMKM dari 14 RW di Kelurahan Depok Jaya tersebut. “Acara seperti ini belum pernah digelar oleh kelurahan mana pun di wilayah Pancoran Mas. Semoga UMKM di Depok Jaya semakin tangguh dan acara seperti ini rutin setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu, Hafid Nasir, salah satu sponsor Festival Depok Jaya Keren, berpendapat bahwa acara seperti ini harus diikuti oleh kelurahan lainnya sebagai salah satu usaha untuk mendongkrak majunya perekonomian di tingkat kelurahan. “Setiap pengusaha UMKM pasti mau usahanya maju dan banyak pembelinya. Kalau setiap RW punya beberapa pengusaha yang sukses maka akan berdampak pada kemajuan wilayahnya,” jelas aleg dari Fraksi PKS ini.

RKI Depok Jaya sebagai salah satu yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam acara Festival mengadakan beberapa kegiatan, yaitu pelayanan kesehatan (Yankes), , Pojok Konsultasi Keluarga, demo pembuatan eco enzyme, dan Minyak Jelantah Berkah (penukaran minyak jelantah sekaligus donasi). Sinta Andriyanti, selaku penanggungjawab RKI Depok Jaya, mengatakan bahwa ada 122 peserta Yankes, 16 peserta Demo Eco Enzyme yang terbagi atas beberapa sesi, dan 13 liter minyak jelantah yang berhasil dikumpulkan.

“Kami senang dan bangga bisa melayani masyarakat di wilayah Depok Jaya. Ternyata animo masyarakat amat besar dengan diadakannya Yankes, demo Eco Enzyme dan penukaran minyak jelantah ini. Bagi RKI sendiri, acara Yankes telah beberapa kali digelar meski belum rutin kami adakan,” papar Sinta.