DepokNews–Pengurus ICMI Organisasi Daerah (Orda) Kota Depok periode 2022-2027 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Hotel Savero, Beji, Kota Depok, Minggu (20/3/2022). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Ikatakan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Jawa Barat Prof.Dr. Muhammad Najib. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Najib mengatakan, ICMI merupakan organisasi yang berdasarkan Islam dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

Dalam organisasi, kata Najib, ICMI memiliki sifat ke Islaman dan ke Indonesiaan yang meliputi keilmuan, kepakaran, kecendikiawanan, dan kebudayaan serta keterbukaan, kebebasan, kemandian dan kekeluargaan.

“ICMI diharapkan menjadi salah satu institusi yang memerkuat interaksi Islam sebagai kekuatan politik dengan birokrasi dan pembuat keputusan,” paparnya saat Pelantikan ICMI Orda Kota Depok di Hotel Savero, Beji, Kota Depok, Minggu (20/3/2022).

Dari proses interaksi itu, lanjut Najib, diharapkan keluar kebijakan-kebijakan yang berguna bagi pembangunan dan kesejahteraan umat serta peningkatakan kualitas manusia serta pengembangan bidang spiritual.

Sementara itu, Ketua Majelis Pengurus Daerah (MPD) ICMI Kota Depok Prof. Dr. Eng. Ir. Sri Harjanto mengatakan, sebagai sebuah organisasi cendikiawan muslim di Indonesia, ICMI Kota Depok yang menjadikan iman dan takwa sebagai landasan dalam berperan aktif, juga berkolaboraso dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok.

Lebih lanjut, Sri Harjanto juga mengatakan pihaknya juga berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dan organisasi massa lainnya yang ada di Kota Depok dalam rangka memberi kontribusi positif bagi pembangunan Kota Depok.

“Terutama dalam menghadapi tiga disrupsi belakangan ini yaitu disrupsi teknlogi, disrupsi pandemi, dan disrupsi milenial,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Selain menetapkan ketua, dalam pelantikan juga menetapkan susunan kepengurusan lainnya dengan wakil ketua Dipl. Ing. Agus Dwi Cahyono, Suwanto, Lc, M.Pd, drg. Aan Midad Arrizza, Bactiar Firdaus, ST, MPP dengan sekretasi umum dipegang oleh Nurhadi, MM dan bendahara Pujianto, SE, serta sejumlah pengurus lainnya.

Sementara Ketua Dewan Penasihat ICMI Orda Kota Depok dipegang oleh Imam Budi Hartono yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok.

Sementara Ketua Dewan Pakar ICMI Orda Kota Depok Dr. K.H. Ahmad Dimyati Badruzzaman yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, mewakili Wali Kota Depok dalam sambutannya menyampaikan harapan agar ICMI bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok untuk menjadikan Kota Depok semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

“Kami mengajak seluruh pihak termasuk ICMI untuk mempercepat pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Depok.Inginya IPM di Kota Depok bisa meningkat dengan keberadaan ICMI yang diisi oleh para cendikiaawan yang jumlahnya sangat banyak,” kata Wakil Wali Kota Depok.

Pelantikan sendiri berlangsung lancar dan penuh khidmat.