Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati saat membuka webinar cegah stunting. (Foto: JD04/Diskominfo)

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar webinar cegah stunting dan obesitas. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari. 

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, melalui  webinar ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak. Tentunya untuk bersama melakukan upaya penurunan stunting di Kota Depok. 

“Kegiatan ini kami lakukan agar seluruh elemen dapat terus melakukan koordinasi, sinergisitas, dan sinkronisasi agar dalam pelaksanaannya dapat lebih optimal,” kata Mary saat membuka kegiatan, Selasa (25/01/22). 

Dikatakan Mary, upaya yang dilakukan Kota Depok melalui yaitu dengan melakukan berbagai upaya prevent, detect, dan respons. Adapun upaya prevent dalam bentuk sosialisasi, edukasi dan mitigasi di agar masyarakat tau, mau dan mampu hidup sehat, sehingga dapat melakukan upaya pencegahan dalam gangguan gizi, baik stunting maupun obesitas.

Selanjutnya, untuk upaya detect, melalui surveilans gizi, baik di Posyandu maupun fasilitas pelayanan kesehatan. Hal lain adalah upaya response, yaitu melalui pemenuhan terapi sesuai standar bagi kasus yang ditemukan serta pendampingan pemberian PMT bagi yang membutuhkan.

“Kami juga melakukan upaya lain secara kolaboratif bersama TP PKK melalui program D’Stunting Menara, Kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan, Susu, dan Telur, Pekarangan Pangan Lestari, Pembinaan PAUD, Tim Pendamping Keluarga, Kursus Calon Pengantin, Pemenuhan sanitasi yang layak, pendampingan Posyandu oleh Tenaga Akademisi dan lainnya,” jelas Mary. 

Untuk itu, sambung Mary, untuk memaksimalkan penurunan stunting juga diperlukan kolaborasi penta helix, yaitu akademisi, pelaku bisnis, masyarakat, pemerintah dan media massa.

“Mari bersinergi dan berkolaborasi dalam kegiatan Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas menuju Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id