Petugas kesehatan Dinkes Kota Depok saat melakukan skrining kesehatan ASN P3AP2KB. (Foto: Istimewa)

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar skrining kesehatan yang dilaksanakan di 25 perangkat daerah. Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Perkantoran di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, skrining kesehatan dimulai 24 Januari hingga 10 Februari mendatang. Untuk pelaksanaan di setiap perangkat daerah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

“Skrining dimulai hari ini, jadwal masing-masing perangkat daerah sudah disampaikan melalui surat pemberitahuan,” Senin (24/01/22). 

Zakiah menjelaskan, perangkat daerah yang akan melakukan skrining kesehatan antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata), Sekretriat Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). 

Kemudian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), serta Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim), Lalu Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Inspektorat Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Badan Keuangan Daerah (BKD). 

“Juga kami lakukan skrining di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” ungkapnya. 

Zakiah berpesan kepada seluruh ASN di setiap perangkat daerah untuk mengikuti skrining kesehatan. Melalui skrining kesehatan dapat mengetahui tingkat kesehatan sehingga nantinya dapat maksimal dalam menjalankan tugas. 

“Petugas kesehatan kami akan datang ke setiap perangkat daerah, maka diingatkan kepada seluruh ASN untuk dapat mengikuti skrining kesehatan ini,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id