Dinsos Lakukan Penjangkauan dan Edukasi Kepada Puluhan PPKS, Termasuk Manusia Silver

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita turun langsung melakukan pembinaan manusia Silver di RPS Beji. (Foto : Istimewa)

DepokNews – Dinas Sosial (Dinsos) Depok melakukan penjangkauan dan edukasi kepada puluhan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) hasil penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Salah satunya, anak jalanan yang menjadi manusia silver.

“Awal Oktober ini, Satpol PP telah menjaring PPKS, mulai dari usia remaja hingga dewasa. Mereka lalu dilimpahkan kepada kami untuk dibawa ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Beji Timur,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Depok, Nita Ita Hernita, Rabu (06/10/21).

Setelah dibawa ke RPS, lanjut Nita, Dinsos melakukan asesmen dan penelusuran terhadap PPKS. Tidak lupa juga diberikan edukasi dan meminta PPKS membuat perjanjian agar tidak kembali ke jalan.

“Kami juga meminta pihak keluarga datang ke RPS. Lalu, mereka diserahkan ke keluarga setelah sebelumnya kami lakukan pendampingan psikososial bagi yang masih di bawah pengawasan orangtua,” tuturnya.

Nita menambahkan, penanganan PPKS juga dilakukan oleh lintas dinas, seperti anak yang putus sekolah. Dinsos berupaya agar anak tersebut dapat melanjutkan pendidikan dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik).

Selain itu, Dinsos juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Depok untuk memfasilitasi dokumen kependudukan bagi yang belum memiliki identitas seperti KTP.

“Setiap ada penjangkauan kami terus menindaklanjutinya. Sampai dengan melakukan penjangkauan terhadap penjual bubuk silver. Bahkan hingga oknum yang memperkerjakan anak-anak itu menjadi manusia silver, ” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id