Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutarno, saat membuka acara seminar peningkatan kompetensi guru dengan tema 'Membangun Kelas Inklusi Menuju Generasi Emas Indonesia Kreatif' di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Jumat (20/05/22). (Foto: Tangkapan layar).

DepokNews – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, hari ini menggelar seminar peningkatan kompetensi guru dengan tema ‘Membangun Kelas Inklusi Menuju Generasi Emas Indonesia Kreatif.’ Digelar secara online dan offline, acara tersebut turut berkolaborasi dengan Pokja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok.

“Di pagi hari ini kita bisa berkumpul dan juga bersilaturahmi dalam rangka untuk tugas-tugas pendidikan yaitu meningkatkan mutu pendidikan, lebih khusus lagi untuk meningkatkan pendidikan PAUD dan semua tadi bermuara kepada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan,” ujar Sekretaris Disdik Kota Depok, Sutarno, di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Jumat (20/05/22).

Sutarno mengatakan, PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan umur enam tahun. Termasuk, pembinaan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan diri, baik jasmani maupun rohani.  

“Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan kompetensi guru PAUD, kegiatan pendidikan di Disdik Kota Depok dan secara umum untuk Pemkot Kota Depok akan lebih maju dan kualitas lebih meningkat sehingga tujuan dari pada pendidikan akan segera bisa tercapai,” harapnya.

Sementara itu, Konselor Anak Berkebutuhan Khusus, Tri Gunadi menyampaikan setidaknya ada lima prasyarat guru sekolah khusus dan inklusi. Pertama, niat dan memiliki minat.

“Berikutnya siapkan mental, siap untuk anak, orang tua, kepala sekolah, rekan guru, masyarakat, termasuk kementerian,” jelasnya.

Ketiga yaitu pembelajaran, memperbarui ilmu yang berhubungan dengan mengajar dan materinya. Kemudian, ramah, berfikir terbuka, murah senyum, cerita, tegas dan konsisten.

“Terakhir adalah penampilan, ini juga harus diperhatikan masalah penampilan,” terangnya.

Sumber : depok.go.id