Diskusi Akhir Tahun, Ketua LPM Depok Yusra Amir Harap Pemkot, Pers dan LPM Saling Bersinergi

DepokNews-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Depok Yusra Amir bersilahturrahmi dan berdiskusi akhir tahun bersama pengurus PWI Kota Depok di Kantor PWI Depok, Jumat (31/12/2021).

Kunjungan tokoh masyarakat ini diterima langsung Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah, Sekretaris PWI Kota Depok, Wahyu Saputra serta segenap jajaran pengurus PWI Kota Depok lainnya.

Menurut Yusra, peran pers sangat penting bagi kesuksesan pembangunan di Kota Depok. Untuk itu perlu sinergi Pers, Pemkot Depok dan juga LPM. “Kemitraan yang sehat dengan pemerintah dan masyarakat dapat mempercepat pembangunan yang berkesinambungan di Kota Depok. Kehadiran pemerintah sangat dibutuhkan,” terang Yusra yang cukup dikenal sebagai tokoh masyarakat Kelurahan Bojongsari Baru.

Dalam kunjungannya tersebut Yusra Amir berdiskusi panjang tentang fungsi, tugas dan peran LPM di masyarakat. Serta hubungan dengan Pemkot Depok yang diharapkan bisa lebih bersinergi lagi.

Menurut Yusra, LPM harus kembali ke fungsi dan tupoksinya. Dalam hal ini pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat bukan semata-mata harus dalam bentuk fisik infrastruktur. Pemberdayaan bisa berupa meningkatkan SDM di masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produktivitas masyarakat dan lain-lain.

“LPM hadir di setiap kelurahan bukan semata-mata memantau pembangunan fisik infrastruktur di kelurahan. Tapi juga bagaimana memberdayakan masyarakat. Ini sesuai dengan fungsi dan tupoksinya,” ujar Yusra.

“LPM harus mendorong masyarakat agar lebih maju, bisa kreatif dan mampu meningkat kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan SDM masyarakat juga. Jadi anggaran yang diajukan untuk pembangunan di kelurahan tidak semata pembangunan fisik saja. Harus ada untuk program pembangunan mental dan SDM di masyarakat,” ujar Yusra Amir.

Menurut Yusra banyak hal yang bisa dilakukan untuk pembangunan di masyarakat kelurahan. Semisal, jika dalam satu kelurahan infrastruktur dianggap sudah memadai, anggaran bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakatnya.

“Kita bisa dorong kegiatan-kegiatan yang bisa membangun mental dan SDM di masyarakat. Contohnya program-program seperti pelatihan-pelatihan sehingga masyarakat bisa mandiri,” kata Yusra.

Pada kesempatan itu, Yusra Amir juga berharap adanya dukungan Pemkot secara nyata kepada LPM. Hubungan yang baik dan kerjasama yang baik antara Pemkot dan LPM bisa mempercepat pembangunan.

“Kami berharap suport dari Pemkot Depok ke depannya bisa lebih baik. Sehingga bisa lebih bersinergi antara Pemkot dan LPM. Kami berharap ke depan LPM dari 63 kelurahan bisa menyatukan visi dan misi pembangunan dengan pihak kelurahan dan stake holder lainnya agar pembangunan di masyarakat bisa cepat, baik fisik, mental dan SDM nya,” harapnya.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menyambut baik harapan Ketua DPD LPM Yusra Amir. “Kami apresiasi pemikiran Pak Yusra, diskusi yang disampaikan sangat mencerahkan sehingga teman-teman punya latar belakang mengenai peran dan fungsi LPM yang ternyata sangat strategis bagi keberlangsungan pembangunan di Kota Depok,” jelas Rusdy.