Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Asusti (tengah) saat memberikan motivasi kepada peserta Pelatihan Servis Komputer di Wisma Hijau, Kamis (28/10/21). (Foto : Istimewa)

DepokNews – Sebanyak 20 pencari kerja (Pencaker) Depok mendapatkan bekal keterampilan Servis Komputer dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, akhir bulan lalu. Pada pelatihan tersebut pencaker mendapatkan sejumlah materi baik hardskill ataupun softskill.

“Pelatihan ini berlangsung pada tanggal 20-28 Oktober 2021 dengan 20 pencaker yang telah melewati sejumlah tahapan seleksi,” tutur Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Asusti, Senin (01/10/21).

Tri menjelaskan, ada 12 materi yang diberikan oleh Disnaker, baik hardskill ataupun softskill. Antara lain, penanganan laptop mati total, komputer tidak ada tampilan dan komputer sering stuk atau mati sendiri.

“Ada pengenalan jenis printer dan komponen printer. Ada juga mengenal dan membaca jalur board. Lalu, mengenal tata letak komponen pada laptop dan lain sebagainya,” terangnya.

Lebih lanjut, ucap Tri, selain pelatihan hardskill juga diberikan materi softskill agar menjadi seorang servis komputer yang profesional. Kemudian, pencaker juga diberikan materi kewirausahaan dan budaya kerja.

“Semoga dengan materi-materi tersebut dan sertifikat yang diberikan oleh Disnaker Depok, pencaker dapat lebih mudah masuk ke dunia kerja atau membuka usahanya sendiri,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id