Sosialisai IPK kepada 50 Perusahaan Swasta di Hotel Bumi Wiyata, Senin (27/06/22). (Foto : Diskominfo)

DepokNews – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok menggelar Sosialisasi Informasi Pasar Kerja (IPK) dan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja melalui Program Vokasi dan Pemagangan Tenaga Kerja kepada puluhan perusahaan, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di Kota Depok. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung, dua hari, 27-28 Juni 2022 di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok.

Pada Kegiatam tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya Direktur PT Sevel Data Utama Agus Pugariyadi selaku pihak ketiga sebagai pengembang aplikasi BKOL. Lalu, hadir pula Koordinator Layanan Pasar Kerja Pusat Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), Sigit dan Koordinator Penyelenggara Pemagangan Dalam Negeri, Kemnaker RI, Subandi.

Kepala Disnaker Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, pada Senin (27/06) pihaknya mengajak 50 perusahaan swasta di Kota Depok untuk berbagi IPK dan mengoptimalkan penggunaan aplikasi Bursa Kerja Online atau BKOL. Untuk itu, pihaknya memaparkan sejumlah keunggulan aplikasi BKOL, sekaligus praktik cara penggunaannya.

Dikatakan Thamrin, keunggulan aplikasi ini antara lain perusahaan dapat menginfomasikan lowongan pekerjaan secara gratis. Selain itu, kualifikasi pencaker yang dibutuhkan perusahaan sudah dapat terlihat, sehingga proses perekrutan semakin efisien.

Selanjutnya, ujar Thamrin, Selasa (28/06) dilakukan peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui program vokasi dan pemagangan tenaga kerja dengan mempertemukan sejumlah LPK dan BKK dengan 50 perusahaan di Depok. Dengan pertemuan ini, ucapnya, LPK dan BKK dapat mengetahui kualifikasi tenaga kerja dan dapat melihat peluang pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan.

“Kami harap LPK dan BKK sebagai lembaga atau badan peningkatan kompetensi tenaga kerja dapat menyesuaikan kurikulum dan jenis pelatihan yang harus dibuka. Agar alumni atau peserta pelatihannya dapat terserap ke dalam dunia kerja,” tutur Thamrin.

“Semoga upaya-upaya yang dilakukan bisa menciptakan kerja sama dan kolaborasi yang baik antara perusahaan dengan penyelenggara pelatihan. Yang berdampak pada menurunnya angka pengangguran di Kota Depok,” pungkasnya.┬á

Sumber : depok.go.id

Previous articleNAMA Foundation Dan NICE Indonesia Visitasi Ke SMPIT Nurul Fikri
Next articleSekda Depok Ingatkan Masyarakat Terkait Penipuan yang Mencatut Namanya