Kepala Disporyata Kota Depok Dadan Rustandi. (Foto: JD01/Disporyata)

DepokNews – Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok akan melaksanakan Seleksi Calon Pemuda Pelopor Kota Depok tahun 2022. Seleksi akan dilakukan pada 13-14 April mendatang. 

Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, calon peserta yang mendaftar akan menjalankan seleksi administrasi dan seleksi lapangan. Adapun bidang-bidang yang dikompetisikan yaitu bidang pendidikan, bidang agama, sosial, dan budaya, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, serta bidang inovasi teknologi. 

“Akan kami lakukan seleksi dengan beberapa kategori bidang yang akan dikompetisikan untuk mendapatkan pemuda pelopor tahun 2022,” tuturnya, Rabu (06/04/22). 

Menurut Dadan, terdapat beberapa syarat peserta. Di antaranya, usia calon peserta minimal 16 tahun dan maksimal 30 tahun pada tanggal 28 Oktober 2022, tidak pernah melakukan perbuatan tercela atau merugikan masyarakat dan atau lingkungan. Serta belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat provinsi atau nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

Lalu, tambah Dadan, tidak sedang mengikuti proses pemilihan prestasi tingkat nasional pada bidang-bidang yang diprogramkan Kementerian Pemuda dan Olahraga, mengirimkan bahan paparan dalam bentuk makalah atau proposal dan video dan profile kegiatan.

Kemudian, sambung dia, memiliki karya nyata yang berkualitas dibidang kepeloporan. Yang dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Calon peserta dapat mengisi biodata dan proposal dalam bentuk softcopy ke alamat email bidangpemuda2021@gmail.com dan hard copy ke Bidang Pemuda Disporyata Kota Depok Gedung Dibaleka II Lantai 9 Disporyata Kota Depok sebelum 9 April,” tambahnya. 

Dalam hal ini, nantinya hasil seleksi akan memilih tiga terbaik calon pemuda pelopor untuk ditetapkan sebagai pemuda pelopor tahun 2022. Serta mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan, yang akan disertakan pada seleksi di tingkat provinsi.

Sumber : depok.go.id