Eco-Phoenix Roster: Inovasi Mahasiswa IPB Pembuatan Roster Beton Ramah Lingkungan

DepokNews–E-Photer: Inovasi roster beton dari subtitusi Limbah SBE (Spent Bleaching Earth) dan limbah peternakan untuk mendukung inovasi dan kreasi dalam pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan serta peduli lingkungan dengan produksi yang bertanggung jawab yang tercantum pada SDGs poin ke-9 dan 12.

Tim PKM Kewirausahaan (PKM-K) dari IPB University berhasil membuat produk inovasi bisnis kreatif yang bergerak dalam bidang properti dengan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan ekonomis berbasis limbah yang belum dimanfaatkan secara optimal. E-Photer (Eco Phoenix Roster) merupakan produk roster ramah lingkungan dengan substitusi feses sapi, fly ash, bottom ash, dan limbah Spent Bleaching Earth (SBE). E-Photer memiliki keunggulan dibanding produk roster lain karena mayoritas bahannya memanfaatkan berbagai jenis limbah, sehingga produk E-Photer menjadi lebih ramah lingkungan dan memiliki harga yang lebih terjangkau. E-Photer memiliki bentuk yang estetik dengan berbagai varian motif, diantaranya yaitu motif nako, motif petir, dan motif batik. E-Photer juga memiliki berbagai pilihan warna, yaitu warna abu-abu (original), hitam, dan putih. E-Photer memiliki dimensi produk dengan panjang 20 cm, lebar 20 cm, dan tebal 10 cm. Produk E-Photer dapat dipesan tanpa kemasan untuk pembelian secara masif, dan juga dapat dipesan dengan kemasan untuk pembelian dalam bentuk paket. Satu paket kemasan E-Photer terdiri dari 4 pcs roster yang dikemas menggunakan kardus. Kemasan juga dilengkapi dengan visualisasi motif roster dan informasi singkat produk. E-Photer memiliki harga jual sebesar Rp10.000/pcs.

Tim PKM-K ini terdiri dari lima orang mahasiswa, yaitu Fatih Muhammad izzah dan Faris Ahlika Wiranta dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Ariel M Lesmana dan M. Faqih Al-Ayubi dari Departemen Geofisika dan Meteorologi Terapan, Idzni Muadzah dari Teknologi Industri Pertanian. Sementara itu, dosen pembimbing dari tim ini adalah Muhammad Arifin S. Pt., M.Si. dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB University.

Published
Categorized as Ragam