Ecobrick dan Green Accounting: Konsep Efektif Pengurangan Limbah Plastik dan Peningkatan Keberlanjutan Lingkungan

Penulis: Lince Afri Yenny, Sri Wahyu Handayani, dan Wahyu Widjayanti

Ecobrick dan Green Accounting: Kombinasi Dua Konsep Dalam Memberikan Solusi Efektif Pengurangan Limbah Plastik dan Peningkatan Keberlanjutan Lingkungan

Green Accounting memainkan peran penting dalam mendukung dan memaksimalkan manfaat penggunaan ecobrick, dimana ecobrick ini memberikan sebuah penawaran solusi kreatif dan efektif untuk mengelola sampah plastik industri rumah tangga. Dengan menyediakan alat untuk mengukur, mencatat, dan melaporkan dampak lingkungan serta biaya yang terkait, green accounting membantu sebuah lingkungan dalam mencapai tujuan keberlanjutan mereka. Integrasi antara green accounting dan ecobrick dapat membawa manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup penduduk yang ada di lingkungan tersebut.

Didasarkan atas kombinasi dari kedua konsep tersebut, selanjutnya tim dosen akuntansi Universitas Gunadarma untuk kedepannya akan membantu warga beserta pengurus RT 03 RW 10 Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor dalam memberikan pemahaman mengenai hubungan antara ecobrik dan green accounting. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberkan manfaat nyata bagi warga setempat yang tergabung dalam Kampung Ramah Lingkungan Ayo Peduli Lingkungan (KRL APEL) dalam pelestarian lingkungan dalam bentuk pengurangan limbah khsusnya sampah plastik dari industri rumah tangga.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan tim dosen akuntansi UG terhadap warga KRL APEL yang perlahan demi perlahan telah memiliki rasa tanggung jawabnya masing-masing terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan abdimas ini untuk kedepannya diharapkan dapat mempererat hubungan antara Universitas Gunadarma dengan warga RT 03 RW 10 Desa Sasakpanjang. Dan yang lebih tidak kalah pentingnya dari yang diutarakan di atas yaitu manfaat dari penerapan green accounting ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya alam, mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, dan meningkatkan citra RT 03 RW 10 Desa Sasakpanjang di mata masyarakat lainnya.