Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari saat memaparkan hal-hal yang telah dilakukan Kampung KB Cempaka RW 09 Depok Jaya dalam penilaian Lomba Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, Jumat (10/12/2021) lalu. (Foto: istimewa).

DepokNews — Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Cempaka RW 09, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas mewakili Kota Depok dalam penilaian Lomba Apresiasi Kampung KB terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021. Pada Jumat (10/12) lalu, tim penilai dari Jabar telah melalukan penilaian tahap pertama secara virtual.

Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari menjelaskan, Kampung KB Cempaka RW 09 merupakan pemenang juara satu lomba tingkat kota yang sebelumnya telah diselenggarakan beberapa waktu lalu. Dengan demikian, Kampung KB Cempaka RW 09 berhak melaju ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Ini jadi motivasi kami semua untuk melakukan yang terbaik untuk Kota Depok melalui Kampung KB Cempaka. Banyak inovasi yang lahir di sini sehingga dapat menjadi inspirasi bagi Kampung KB lainnya,” jelasnya, Senin (13/12/21).

Nessi menuturkan, dalam penilaian itu, tim juri melakukan klarifikasi dengan tanya jawab tentang inovasi dan hal-hal yang sudah dilakukan Kampung KB Cempaka RW 09. Disamping itu juga, Kampung KB ini juga banyak mendapatkan apresiasi atas kinerja yang dibangun sejak dibentuk di 2019.

“Semoga Kota Depok masuk lima besar dan mengikuti seleksi lanjutan tahap dua, berharap jadi yang terbaik di Jawa Barat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Kampung KB Cempaka RW 09 Depok Jaya, Nurdiansyah mengungkapkan, terdapat sejumlah inovasi yang ditampilkan dalam lomba ini. Antara lain Hostchating atau kunjungan ibu hamil dan balita untuk mencegah stunting, Solusi Cantik Posyandu Cempaka untuk Warga (Santika Siaga).

Kemudian, Kreativitas Bercerita dan Berusaha  (Simbaka), dan Satu Rumah Satu Kader PHBS (Serum Kapas), Enam Waktu Penting Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir (Nambulir). Lalu, Sapa Warga Covid-19 (Sapavid), Antar Sayur dan Buah kepada Lansia dan Balita (Ayusita).

Selanjutnya, Gerakan Menabung Minyak Jelantah Dapur Warga dan Kreativitas Eco Enzym  (Gamelan Dara Kereh), Satu Rumah Satu Jumantik (Sasantik), dan terakhir Wareka atau Warung Kreatif Cempaka.

“Kami sangat senang bisa mengikuti lomba Kampung Berkualitas tingkat Jabar, banyak prestasi yang sudah kami terima juga dan ini menunjukkan RW 09 Depok Jaya memang berkualitas,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id