DepokNews- Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Novi Anggriani meminta pemerintah menjamin keselamatan dan keamanan warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

“Jika perlu,dilakukan evakuasi WNI di Ukraina. Tentu kita tidak ingin saudara kita yang berada di Ukraina terluka dan menjadi korban, keselamatan mereka harus menjadi prioritas pemerintah,” tutur Novi Anggriani.

Diketahui, berdasarkan laporan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), tercatat ada 138 WNI yang berada di Ukraina. Novi pun menegaskan agar pemerintah mempertimbangkan secara serius untuk mengevakuasi WNI di Ukraina

“Semua stakeholder harus berkoordinasi dengan efektif, pertimbangan evakuasi secepatnya untuk keamanan mereka juga penting,” kata Novi Anggriani yang juga pemerhati perempuan dan anak di kota Depok.

Terkait evakuasi, sambung Novi Anggriani melanjutkan, pemerintah harus mempersiapkan kebutuhan WNI di Ukraina, mulai dari tempat tinggal yang aman, kebutuhan harian sampai transportasi ke Indonesia.

“Harus diakomodir semuanya, di sana tentu akan mengalami kesulitan, jangan sampai WNI terlantar atau malah menjadi korban,” sambung Novi Anggriani.

Tentang konflik Rusia dan Ukraina, Novi Anggriani pun mengingatkan posisi Indonesia sebagai negara bebas aktif. Sehingga, sudah menjadi keharusan bagi Indonesia untuk menyuarakan perdamaian dan menggalang dukungan dari komunitas internasional di PBB.

“Perang hanya akan menimbulkan petaka, jangan sampai konflik di Ukraina meluas dan memicu Perang Dunia ke-III. Saya pun berdoa agar segera menemukan win-win solution dan WNI serta warga di sana tidak menjadi korban konflik tersebut,” pungkas Novi Anggriani.