Maksimalkan Keberadaannya, Pemkot Fasilitasi Rumah Singgah Bagi Relawan Bencana di Kelurahan Pondok Cina

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan rumah singgah bagi Relawan Bencana Kota Depok di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji. Rumah singgah tersebut akan digunakan sebagai posko maupun home base bagi para relawan melakukan kegiatan sosial. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri mengatakan, rumah singgah menjadi salah satu fasilitas yang disiapkan Pemkot Depok untuk Relawan Bencana. Melalui inisiasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, para relawan bakal semakin dimaksimalkan keberadaannya.

“Rumah singgah akan menjadi tempat berkumpul, melakukan kegiatan mitigasi kebencanaan. Ini juga salah satu bentuk apresiasi kami kepada mereka,” kata Supian Suri, Senin (01/11/21). 

Supian Suri menjelaskan, setelah kegiatan peningkatan kapasitas untuk para relawan, baru mereka dapat menempati rumah singgah yang ada. Hal itu agar relawan dapat mengimplemetasikan pengetahuan yang didapatkan saat pelatihan. 

Sementara itu Camat Beji, Hendar Fradesa merasa bangga sebab wilayahnya terpilih menjadi lokasi rumah Relawan Bencana Kota Depok. Rumah singgah itu bakal berlokasi di RW 09 Kelurahan Pondok Cina. 

“Kami kemarin memberikan masukan agar di Pondok Cina sebagai tempat rumah singgah relawan. Karena wilayah Pondok Cina dekat akses Jalan Margonda Raya, Tol Cijago maupun Rumah Sakit Universitas Indonesia,” ucapnya.

Camat Hendar, menambahkan, besar harapannya dengan adanya rumah singgah ini bisa memacu motivasi relawan untuk membantu pemerintah dalam penanganan kebencanaan, sehingga mitigasi bisa dilakukan sebelum terjadi bencana.

“Saat ini rumah singgah dalam proses perapihan. Setelah pembekalan rumah singgah akan siap digunakan para relawan,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id