Mudahnya Wirausaha JAWARA Depok Memiliki NPWP, Pengabdian Masyarakat Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi PNJ

DepokNews–Program Studi (Prodi) D4 Akuntansi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menyelenggarakan pelatihan Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui Pelatihan dan Pendampingan Bagi UMKM Komunitas Jaringan Wirausaha (JAWARA) Depok. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Penerapan Ipteks Berbasis Masyarakat (PPIBM) merupakan salah satu bentuk bekerja sama dengan Komunitas Jaringan Wirausaha (JAWARA) Depok dibawah pimpinan Ubaidillah Saleh, SEI. Pengabdian ini diikuti sebanyak 30 peserta pelaku UMKM JAWARA Depok pada Selasa, 16 Juli 2024.

Pemateri disampaikan oleh salah satu dosen Prodi D4 Akuntansi Keuangan Lia Ekowati, S.Sos., MPA. yang didampingi oleh beberapa dosen lainnya serta beberapa mahasiswa semester empat Prodi D4 Akuntansi Keuangan PNJ. Materi yang disampaikan bertemakan tatacara membuat NPWP secara online dengan mengakses website resmi Direktorat Jenderal Pajak. Melalui laman www.ereg.pajak.go.id atau pajak.go.id pendaftaran untuk membuat NPWP dapat dilakukan dengan mudah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen. Ketua Prodi D4 Akuntansi Keuangan Yusep Friya Purwa Setya, S.E., M.Ak. bersama dengan Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan PNJ Utami Puji Lestari, S.E., M.Ak., Ph.D. telah memulai kerjasama dengan JAWARA Depok sejak tahun 2022. Komitmen yang disepakati bersama untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM sehingga dapat naik kelas menjadi tujuan utama dalam setiap pelatihan dan pendampingan.

Diharapkan pelatihan dan pendampingan yang diberikan dosen-dosen Prodi D4 Akuntansi Keuangan PNJ dalam membantu UMKM JAWARA Depok untuk memiliki NPWP dapat memberikan informasi akan mudahnya memiliki NPWP. Dan memberikan manfaat positif akan pentingnya kepemilikan NPWP dalam mengembangkan usaha melalui permodalan yang ditawarkan oleh Lembaga Keuangan resmi pemerintah Indonesia. Hal ini sejalan dengan apa yang diharapkan oleh ibu Yuni yang hadir sebagai perwakilan pengurus Komunitas Jaringan Wirausaha (JAWARA) Depok.