Kadisnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin. (Foto : Diskominfo)

DepokNews – Pelatihan perbengkelan roda dua yang digagas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok berhasil menyerap 80 persen pencari kerja (pencaker) di tahun kemarin. Serapan tersebut berkat kerja sama dengan toko suku cadang roda dua Planet Ban yang banyak tersebar di Kota Depok.

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, usai pelatihan, mereka langsung mengikuti tes di planet ban. Dari seleksi adminstrasi hingga tes wawancara.

“Mereka yang berhasil lolos, dapat langsung bekerja,” kata Thamrin, Senin (17/01/22).

Selain perbengkelan roda dua, ujar dia, terdapat enam pelatihan lainnya. Antara lain, pelatihan bidang tata rias kecantikan, komputer desain grafis, tata boga, service elektronik komputer, service AC, dan kewirausahaan. 

“Pelatihan kewirausahaan diperuntukan bagi rekan-rekan alumni peserta pelatihan yang belum mendapatkan pekerjaan, dengan harapan mereka dapat melaksanakan kegiatan mandiri atau membuka usahanya sendiri,” terangnya.

Selain itu, kalangan perempuan di lokasi khusus Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang mendapatkan pelatihan tata rias dan kecantikan agar bisa mengembangkan kewirausahaan dan membuka salon kecantikan di wilayahnya. Dengan harapan akan ada peningkatan pendapatan rumah tangga mereka.

Lanjut Thamrin, pihaknya juga terus melakukan pemantauan kepada peserta pelatihan melalui grup whatsapp. Melalui grup tersebut, pihaknya akan mengirimkan lowongan kerja (loker) untuk yang belum bekerja ataupun membuka usaha.

“Semoga dengan pelatihan tersebut dapat membawa dampak yang luar biasa terhadap peningkatan angkatan kerja di Kota Depok,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id