Pemkot Akan Lakukan Koordinasi Dengan Polres Metro Melihat Efektivitas Ganjil Genap di Jalan Margonda

DepokNews – Uji coba ganjil-genap (Gage) akan gelar Polres Metro Depok pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Desember 2021. Penerapan akan dilakukan di Jalan Margonda Raya, Kota Depok mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra menjelaskan, uji coba yang akan digelar merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait. Uji coba Gage akan dilakukan di Jalan Margonda mulai dari Simpang Ramanda hingga Flyover Universitas Indonesia (UI).

“Gage akan dilakukan hanya pada akhir pekan, karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi volume kendaraan, katanya, Rabu (24/11/21).

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, akan terus melakukan koordinasi dengan Polres Metro Depok untuk melihat Efektivitas Gage pada saat uji coba. 

“Penerapan Gage ini kewengangan Polda, Pemkot Depok juga terus melakukan koordinasi. Kami memberikan masukan kepada tim perencanaan Gage ini dan terus membicarakan teknis sebelum uji coba digelar,” katanya usai melakukan pelantikan sejumlah pejabat tinggi lingkup Pemkot Depok di Balai Kota Depok, Rabu (24/11/21).

Mohammad Idris menjelaskan, kajian terhadap Gage sudah berlangsung lama. Karena itu atas arahan Polda Metro Jaya yang memiliki kewenangan terkait lalu lintas, kajian itu dijalankan.

“Kajian sudah tiga tahun kalau tidak salah, maka Polda memberikan arahan agar segera dibuat keputusan agar dijalankan Gage khusus roda empat, ucapnya.

Kendati uji coba, ujar dia, Gage di Kota Depok masih dikaji terkait efektivitasnya. Apakah kebijakan Gage dapat membantu atau malah menyebabkan kemacetan yang lebih parah.

“Namanya uji coba ini kan kajian secara teori kadang-kadang kurang tepat juga. Kita lihat nanti dan berharap ada masukan-masukan dari masyarakat, termasuk dari teman-teman media. Misalnya nanti ada titik yang terdampak Gage,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id