Pengabdian Masyarakat: Manfaat Bisnis Online Marketplace Kepada Kelompok Bina Cendekia Lenteng Agung Jakarta

Kegiatan Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh dosen sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap tahun akademik yang bertujuan memberikan ilmu dan sharing pengetahuan kepada Masyarakat.

Untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi, tim dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu memberikan penyuluhan atas Manfaat Bisnis Online menggunakan Marketplace Shoopee pada Masyarakat Kelompok Bina Cendekia Lenteng Agung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Belajar Yayasan Bina Hafidz Cendekia Indonesia yang berlokasi di Jalan Syukur, Lenteng Agung Jakarta Selatan, Jumat, 21 Juni 2024. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat semester lalu.

Kegiatan ini melibatkan dua orang mahasiswa dari Program Diploma Bisnis Kewirausahaan jurusan Manajemen Pemasaran yaitu Vivi Kurniaty dan M. Yusuf Alghifari sebagai narasumber. Dalam pemaparannya Vivid an Yusuf menjelaskan bahwa manfaat bisnis online menggunakan marketplace antara lain bisnis lebih santai, efektif dari segi waktu dan biaya.

“Bisnis online bagi pemula dapat dikerjakan sendiri tidak memerlukan banyak karyawan dan menghemat waktu. Berbeda halnya dengan menjual produk di toko fisik yang mengharuskan adanya orang standby setiap saat mulai dari menjaga toko, dan melayani pembeli secara offline. Dengan berbisnis online melalui marketplace, toko dapat buka selama 24 jam dan pelanggan/konsumen dapat bertransaksi kapan saja. Manfaat lain dari bisnis online yaitu tidak memerlukan modal yang besar, tidak perlu sewa tempat usaha, hanya dengan bermodal gadget dan koneksi internet dapat menjalankan bisnis online, melayani pelanggan secara online melalui fitur chat yang disediakan oleh marketplace,” jelas Vivi Kurniaty.

Sedangkan M. Yusuf Alghifari menjelaskan, biaya memang diperlukan dalam mengelola toko online tetapi biaya yang dikeluarkan tidak sebesar apabila harus menyewa tempat usaha dan modal yang ada dapat dialokasikan untuk menambah produk yang dijual atau keperluan lainnya.

“Keuntungan lainnya yang didapat dari bisnis online yaitu dapat mengembangkan jangkauan pasar seluas-luasnya. Produk yang kita pasarkan tidak hanya dikenal atau dibeli oleh orang-orang di sekitar kita tetapi dilihat dan diminati oleh masyarakat luas. Orang di luar propinsi pun dapat membeli produk yang kita jual melalui marketplace. Konsumen yang membeli produk dapat memperoleh produk anda melalui pengiriman dengan jasa ekspedisi. Manfaat lain dari bisnis online menggunakan marketplace yaitu kemudahan dalam melakukan pembayaran. Marketplace biasanya menyediakan berbagai macam metode dalam pembayaran antara lain melalui kartu kredit, transfer bank hingga e- money. Konsumen dapat memilih metode pembayaran mana yang akan mereka gunakan. Kelebihan lainnya yang dapat dirasakan yaitu dalam pencatatan transaksi, semua transaksi tercatat dalam system sehingga mudah dikelola dan minim terjadi kesalahan data,” jelas M. Yusuf Alghifari.

Pada kegiatan penyuluhan tersebut, masyarakat kelompok Yayasan Bina Cendekia Lenteng Agung sangat antusias belajar, mengingat sejauh ini mereka hanya dapat memasarkan produknya secara offline dan dari mulut ke mulut. Dengan berjualan online melalui marketplace shoopee, banyak manfaat yang dapat dirasakan, dapat memperluas pangsa pasar mereka dan produk mereka pun dapat dilihat oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.