Pengabdian Masyarakat, Pemberian Evaluasi Dan Reward Pada Rumah Baca Bina Cendikia Lenteng Agung Jaksel

DepokNews–Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan khususnya di bidang pendidikan serta bertambahnya kecepatan upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat yang harmonis serta dinamis yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan nilai-nilai sosial.

Rumah baca Bina Cendikia yang berlokasi di daerah Lenteng Agung adalah salah satu dari sekian banyak kelompok belajar di wilayah Kelurahan Jagakarsa Jakarta Selatan yang paling aktif, dengan jumlah peserta didik pembelajaran sebanyak delapan puluh siswa. Rumah baca ini dibimbing langsung oleh empat orang guru yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga warga setempat.

Pada semester genap tahun akademik 2023/2024, Universitas Gunadarma pada hari Jumat, 21 Juni 2024 telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertempat di rumah baca Bina Cendikia Lenteng Agung Jakarta Selatan dalam bentuk pemberian evaluasi dan reward hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik selama enam bulan. Kegitan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan yang lalu dan bekelanjutan dari materi-materi yang pernah diberikan.

“Evaluasi yang diberikan merupakan uji kemampuan peserta didik pada kelompok rumah baca ini, sehingga diperoleh ukuran prestasi yang dicapai sebagai indikator keberhasilan bagi peserta didik” sebagaimana dikatakan oleh Ibu Meriska Yosiana, SS, M.Sas. yang merupakan koordinator dari kegiatan ini di bidang pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat pemula usia dini. “Sedangkan reward adalah bentuk penghargaan yang diserikan oleh peserta didik agar dijadikan motivasi bagi peserta didik yang lainnya” sebagaiman ditambahkan oleh Ibu Aswarini Sentana, SS.,M.Sas. selaku bagian dari tim Bahasa Inggris.

Di samping itu, tim Monitoring Evaluasi LPM Universitas Gunadarma Dr. Ditiya Himawati juga turut memberikan beberapa soal pertanyaan kepada beberapa peserta didik yang sangat antusias pada kegiatan tersebut. Ibu Ditiya menyatakan, “Bahwa hasil yang tunjukan oleh peserta didik ini merupakan gambaran keberhasilan atas kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim Abdimas Universitas Gunadarma”

 

 

 

 

 

 

Akhir dari kegiatan tersebut tim Monitoring Evaluasi LPM Universitas Gunadarma Dr. Ditiya Himawati melakukan tanya jawab kepada koordinator kegiatan dan mitra abdimas sebagai bentuk evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan serta untuk mengetahui sejauh mana dampak dan manfaat yang diperoleh oleh masyarakat, di samping melakukan foto bersama peserta didik dan para pembinanya.