Pengabdian Masyarakat Pemberian Pelatihan Bisnis Online Bagi Masyarkat Kelompok Bina Cendekia Lenteng Agung Jaksel

DepokNews–Kegiatan Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh dosen sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada setiap tahun akademik yang bertujuan memberikan ilmu dan sharing pengetahuan kepada Masyarakat.
Kamis, 14 Desember 2023, tim dosen fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Semester Ganjil 2023/2024 yaitu memberikan pelatihan bisnis online tentang bagaimana menggunakan marketplace shopee pada Masyarakat Kelompok Bina Cendekia Lenteng Agung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Belajar Yayasan Bina hafidz Cendekia Indonesia yang berlokasi di Jalan Syukur, Lenteng Agung Jakarta Selatan.


Kegiatan ini melibatkan lima mahasiswa dari Program Diploma Bisnis kewirausahaan jurusan Manajemen Pemasaran sebagai pelatih bisnis online. Satu orang mahasiswa memberikan pemaparan materi tentang penggunaan marketplace shopee sebagai sarana menjual produk UKM dan empat mahasiswa diantaranya mendampingi setiap UKM mulai dari membuat akun shoopee ,memberi nama toko, mengisi data penjual, memberikan deskripsi produk yang meliputi harga, ukuran dan jenis produk, mencantumkan nomer rekening dan mengupload foto produk sampai dengan produk tersebut dapat tayang di beranda shopee dan dapat dilihat oleh publik.

Masyarakat dalam hal ini UKM yang mempunyai produk sangat antusias belajar, mengingat sejauh ini mereka hanya dapat memasarkan produknya secara offline dan dari mulut ke mulut Dengan berjualan di marketplace shoopee, dapat memperluas pangsa pasar mereka dan produk mereka pun dapat dilihat oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Masyarakat yang awalnya hanya menggunakan shopee hanya untuk berbelanja sekarang dapat menggunakan shopee untuk menjual produk mereka.