DepokNews- Masih menumpangnya posyandu di masing-masing RW di sejumlah kelurahan di wilayah Kecamatan Sawangan. Camat Sawangan Anwar Nasihin, menyambut baik pendataan yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok.

Anwar mengatakan, Posyandu yang masih numpang sebanyak 41, kemudian diusulkan sebanyak 21 posyandu, tanahnya dibebaskan dan akan dibangun.

Pengajuan pembebasan lahan dan pembangunan posyandu tersebut, diakuinya, dilakukan secara bertahap karena usulannya tidak hanya dari Kecamatan Sawangan, namun kecamatan lainnya di Kota Depok.

Pelayanan posyandu yang masih menumpang, dikatakan lebih lanjut, setiap ada kegiatan posyandu diselenggarakan dengan menumpang di antaranya di rumah warga.

“Jadi bagi lingkungan di RW yang belum punya posyandu kalo ada kegiatan posyandu masih numpang di rumah warga,” ulasnya.

Diharapkan dari usulan tersebut pada 2022 ini bisa terpenuhi, dan keberadan posyandu tersebut nantinya lebih nyaman dalam pelayanan kepada balita kemudian menjadi posyandu multifungsi dan terintegrasi dengan yang lainnya.

“Nantinya setiap posyandu menjadi holistic dan terintegrasi seperti ada UPPKS, Pelayanan KB dan lainnya, semoga pelayanannya semakin lebih baik,” pungkasnya.

Jika memiliki posyandu sendiri, ditambahkannya, seperti meja dan perlengkapan lainnya tidak akan dipindah sehingga terjaga dengan baik. Bagi para kader juga akan termotivasi memberikan pelayanan yang terbaik.