Pusat Study Jepang di UI Kembali di Buka Oleh Pemkot Untuk Tempat Isolasi Bagi Pasien Covid-19 Yang Berstatus OTG

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuka kembali Tempat isolasi terpusat (isoter) bagi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) Guest House Pusat Study Jepang (PSJ) Universitas Indonesia (UI) mulai 31 Januari 2022. Sebelumnya, tempat isoter Kota Depok tersebut ditutup pada akhir November 2021 lantaran kasus Covid-19 telah melandai. Namun kini dibuka lagi karena persentase kasus positif atau positivity rate mengalami peningkatan yang signifikan di Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, pihaknya membuka kembali PSJ UI seiring meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Depok. Tempat isoter tersebut ditujukan bagi pasien Covid-19 dengan status OTG atau gejala ringan tanpa komorbid.

“Setelah ditutup karena tidak ada pasien, mulai 31 Januari kemarin dibuka kembali,” Kamis (03/02/22).

Mary menuturkan, terdapat beberapa kriteria pasien untuk dapat menjalankan isoter di PJS UI. Yaitu, memiliki KTP atau domisili Kota Depok dilengkapi dengan surat keterangan RT-RW, atau bekerja di wilayah Kota Depok. Lalu, berstatus positif Covid-19, tidak memiliki komorbid, dan tidak bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kemudian, berusia lebih dari 15 tahun dan maksimal 60 tahun serta kondisi mandiri tidak memerlukan bantuan orang lain. “Sedangkan untuk pendaftaran pasien dapat dilakukan melalui rujukan puskesmas setempat,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id