Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan sambutan pada kegiatan Safari Ramadan di Masjid Al-Ihsan, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Jumat (08/04/22). (Foto : JD01/Diskominfo)

DepokNews – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan agenda dan sejumlah progres pembangunan di Kota Depok yang diintervensi oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jabar. Hal tersebut disampaikan Kang Emil, sapan akrabnya, kepada jamaah Salat Tarawih di Masjid Al- Ihsan, Perumahan Permata Depok, Kelurahan Pondok Jaya, Jumat (08/04/22) malam.

Dikatakannya, Jumat pagi ia meresmikan Pasar Rakyat Jabar Juara di Kecamatan Sawangan. Dengan diresmikannya pasar tersebut, diharapkan dapat menggerakan ekonomi kerakyatan di Kota Depok.

“Kedua, yang teristimewa inovasi pertama di Indonesia saya luncurkan di Kota Depok. Yaitu Pemirsa Budiman atau Pemesanan Minyak Goreng Curah Melalui Aplikasi Sapa Warga Untuk Ibu-ibu Dimana-mana. Kini, ibu-ibu lewat Ketua RW bisa membeli minyak goreng secara online dengan harga eceran Rp. 14.000 per-liter,” tuturnya di sela Salat Tarawih di Masjid Al- Ihsan.

Ia menjelaskan, minyak tersebut dikirim langsung ke rumah dan ongkos kirimnya ditanggung oleh Pemprov Jabar. Dengan begitu, diharapkan ibu-ibu tidak ada yang mengantri lagi untuk membeli minyak goreng.

“Lalu, InsyaAllah Underpass Dewi Sartika tahun ini selesai dibangun dan segera diresmikan. Termasuk juga pembangunan Hutan Kota dan Islamic Center” ujarnya.

Kang Emil berharap, Kota Depok dapat meningkatkan kualitas pembangun, sumber daya manusia dan dapat menjaga kondusivitas yang sudah tercipta. Ia meyakini Wali Kota Depok, Mohammad Idris dapat mewujudkan hal tersebut.

Pada kunjungan tersebut, Kang Emil juga meletakan batu pertama pembangunan Islamic Center yang akan dibangun di halaman Masjid Al-Ihsan Permata Depok. Bangunan Islamic Center akan berdiri di lahan seluas  2.600 meter persegi yang dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang.

Antara lain, Rumah Singgah, ruang serbaguna, ruang kelas belajar, ruang kelas kecil, ruang ustad, perpustakaan dan toilet. Lalu juga ada asrama serta area outdoor dan area edukasi.

Terakhir, dia juga memberikan bantuan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Ihsan, Perumahan Permata Depok, Kelurahan Pondok Jaya.   Bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp 50 juta untuk pengembangan kesejahteraan masjid.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk pengembangan masjid dan masyarakat sekitar,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id