Santika Hotel Gandeng UMKM Depok Gelar Festival Batik 2023

DepokNews – Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh tiap tanggal 2 Oktober, Santika Hotel Depok berkolaborasi dengan UMKM Depok, Puri Ambary Batik menggelar Festival Batik 2023.

Festival diadakan di Kafe Anjani lobbi lantai 3 Hotel Santika depok, mulai tanggal 2 Oktober hinga 30 Oktober 2023, dan dibuka oleh Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono.
General Manager Hotel Santika Depok, Vevent Iryadi Rudiana menjelaskan, Festival Batik ini telah menjadi tradisi sejak tahun 2019, dengan pengecualian pada tahun 2020 dan 2021 saat pandemi Covid-19 melanda. Namun, pada tahun 2022, pihaknya memulai kembali, dan kini berlanjut hingga tahun 2023.

“Festival ini sebagai bentuk sumbangih kami (Santika Hotel) pada Kota Depok. Dengan turut memberdayakan para pengrajin batik Depok, untuk ditampilkan di kegiatan ini,” katanya.
Festival ini berlangsung selama satu bulan, dimana terdapat spot batik yang dapat dikunjungi para tamu Santika Hotel Depok. “Kami lebih ke fasilitator saja, jika tamu ingin memesan maka akan kami arahkan ke pengarajin batik tersebut,” jelas Vevent.
Vevent menambahkan, “Hotel Santika memiliki motto ‘Indonesian Home’, di mana pihaknya selalu berusaha untuk menemukan dan mempromosikan hal-hal yang khas di setiap kota.
“Saat pertama kali ditugaskan di Hotel Santika Depok pada tahun 2018, saya mencari sesuatu yang khas di Kota Depok. Saya kemudian menemukan keberadaan batik khas Depok yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di luar Depok,” tuturnya.

Sejak itu, Vevent berkomitmen untuk mempromosikan batik khas Depok dengan menggelar Festival Batik setiap tahun sejak 2019. Dalam Festival Batik 2023, Hotel Santika Depok telah memajang batik khas Depok di semua kamar hotelnya, sehingga para tamu yang menginap dapat mengenal produk ini lebih baik.

“Tujuan kami adalah membuat Batik Depok ini dikenal secara nasional. Ini adalah kontribusi kami dalam perkembangan Kota Depok,” tegas Vevent.
Terpisah, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono mengapresiasi festival Batik 2023. Diharapkan batik dapat lebih dikenal luas, tidak hanya saat perayaan hari batik atau untuk kondangan saja digunakan.
“Generasi muda sudah dikenalkan batik sejak usia dini. Bahwa ini adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Sudah beragam macam motif dan jenis batik, lebih menyesuaikan seiring perkembanan zaman,” tandas Imam.
Festival Batik 2023 di Hotel Santika Depok tidak hanya merayakan keindahan batik sebagai warisan budaya Indonesia, tetapi juga menjadi wadah untuk mengenalkan dan mempromosikan batik khas Depok kepada masyarakat luas. Acara ini diharapkan dapat mendukung perkembangan dan pengakuan batik khas Depok secara nasional.