DepokNews – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok berkolaborasi dengan tiga Perangkat Daerah (PD) mengadakan motivasi dan edukasi bagi warga yang terpapar Covid-19 di isolasi terpusat dan mandiri. Ketiga PD tersebut antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok.

Pada kesempatan tersebut, salah satu panitia kegiatan yang juga Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, kali ini tema yang dipilih yaitu Tips Perawatan Pasien Isolasi Covid-19 di Rumah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengikuti kegiatan edukasi tata cara isolasi mandiri di rumah melalui daring. (Foto : Tangkapan Layar)

“Lewat kegiatan ini diharapkan memudahkan masyakat mendapatkan infromasi yang tepat bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah,” kata Nessi, usai kegiatan, Sabtu (05/03/22).

Lebih lanjut, ujar dia, kegiatan serupa sudah digelar sebanyak lima kali sejak awal Februari 2022. Temanya juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan menampilkan sejumlah narasumber.

Dikatakan Nessi, pada kegiatan ini diberikan anjuran-anjuran dalam melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain memberikan sejumlah tips ada pula sesi tanya jawab antara Satgas Covid-19 Kota Depok maupun narasumber dengan masyarakat yang mengikuti kegiatan secara daring.

“Intinya meski isolasi mandiri di rumah tetap terapkan protokol kesehatan (prokes). Kami juga memberikan informasi terkait layanan puskesmas sekaligus penguatan dari sisi psikologi oleh pakar Pusat Pembelajaran Keluarga,” katanya. 

Nessi menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan warga Depok dapat semakin memahami tentang tata cara isolasi di rumah. Kemudian, juga memiliki semangat untuk sembuh dari Covid-19.

“Upaya pencegahan Covid-19 butuh kerja sama semua pihak. Jika warga banyak yang paham penanganan Covid-19 maka angka penularan bisa terus berkurang. Dengan demikian harapannya angka Covid-19 di Kota Depok akan terus turun,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id