SDM Memadai Jadi Salah Satu Faktor Kemajuan Pendidikan

DepokNews – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) menekankan, kemajuan pendidikan haruslah didukung dengan beberapa hal. Salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

“SDM itu diukur untuk masalah pendidikan pertama adalah dari SDM pengawas, yang kedua dari SDM gurunya, ketiga SDM siswanya itu sendiri,” ujar IBH, saat menjadi pembicara pada acara pelantikan pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Depok masa bakti 2022-2027 di Margo Hotel, Rabu (15/06/22).

Untuk SDM pengawas, IBH menekankan seorang pengawas harus jeli terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Jika memang ada yang belum dimiliki oleh sekolah, pengawas harus segera melapor.

“Perjuangkan kepada pemerintah atau provinsi ataupun kota untuk dilengkapi, kami pemerintah konsen karena anggaran harus 20 persen dari sarana dan prasarananya. Kami ingin membantu terhadap perkembangan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah,” jelasnya.

Berikutnya, untuk SDM guru agar terus dilakukan pembinaan, diberi motivasi dan meningkatkan kapasitas pengetahuannnya. Dirinya berharap, keberadaan guru di Kota Depok saat ini merupakan yang terbaik.

Sementara untuk SDM siswa, IBH mengatakan, di era globalisasi ini membuat siswa dapat dengan mudah mengakses segala sesuatu. Baik itu hal positif maupun negatif.

“Tapi yang dikhawatirkan yang diakses adalah yang negatif. Yang paling menyusahkan pelajar adalah game, pasti mengganggu dari proses belajarnya dia, ketika otak anak sudah dicuci oleh game sudah susah sekali pelajaran masuknya,” tandasnya. 

Sumber : depok.go.id