Menu

Dark Mode
GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1 PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024 Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat” Ahmad Syaikhu dan Imam Budi Hartono Sowan ke Kediaman Habib Abubakar Al Busyro Citayam Grib Jaya DPC Kota Depok Tegaskan Dukungan Penuh untuk Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq 700 Instruktur Senam di Depok Deklarasikan Dukungan untuk Pasangan Asih dan Imam Ririn

Ragam

Sosialisasi Aplikasi Mobile Edbusui Dalam Pencegahan Stunting Pada Ibu dan Anak di Desa Paseh Kaler

badge-check


					(Gambar 1. Pengabdian Pencegahan Stunting dengan Menggunakan Aplikasi Mobile EDBUSUI pada Ibu dan Anak Di Desa Paseh Kaler) Perbesar

(Gambar 1. Pengabdian Pencegahan Stunting dengan Menggunakan Aplikasi Mobile EDBUSUI pada Ibu dan Anak Di Desa Paseh Kaler)

Pencegahan Stunting dengan Menggunakan Aplikasi Mobile EDBUSUI pada Ibu dan Anak Di Desa Paseh Kaler

 Tridharma Perguruan Tinggi terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kegiatan yang wajib dijalankan oleh profesi dosen. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dalam setiap tahun akademik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dengan sharing ilmu atau kepakaran tertentu. Pada tanggal 12 Juni 2024 tim dosen dari Universitas Gunadarma melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan mitra Desa Paseh Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan bersamaan dengan Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi lulusan, mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Salah satu desa yang menjadi tempat pelaksanaan KKN Tematik PTMGRMD adalah Desa Paseh Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Adapun program kerja yang dilaksanakan oleh peserta KKNT Tematik ini di antarnya adalah; Zero New Stunting, Literasi Masayarakat Miskin, Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS), OVOP (One Village One Product), dan OVOI (One Village One Inovation).

Tim pengabdian dari Universitas Gunadarma berinovasi untuk melakukan pengabdian dalam membantu program Zero New Stunting di Desa Paseh Kaler, yaitu dengan melaksanakan program “Pencegahan Stunting dengan Menggunakan Aplikasi Mobile EDBUSUI pada Ibu dan Anak Di Desa Paseh Kaler”.

Dalam era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi mobile, khususnya aplikasi berbasis mobile, telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pengabdian masyarakat. Aplikasi mobile menawarkan kemudahan akses informasi, komunikasi yang cepat, dan solusi yang efisien dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial.

(Gambar 2. Pengabdian Pencegahan Stunting dengan Menggunakan Aplikasi Mobile EDBUSUI pada Ibu dan Anak Di Desa Paseh Kaler)

Masa menyusui merupakan periode penting dalam kehidupan seorang ibu dan bayinya. ASI (Air Susu Ibu) adalah sumber gizi utama yang tidak hanya memberikan nutrisi optimal tetapi juga memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit dan infeksi pada bayi. Menyusui juga memiliki manfaat emosional yang signifikan, memperkuat ikatan antara ibu dan anak. Namun, banyak ibu menghadapi berbagai tantangan selama masa menyusui, termasuk kurangnya informasi yang memadai, dukungan yang terbatas, serta kesulitan dalam mengatur waktu dan pola menyusui.

Dalam era digital, teknologi dapat memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh ibu menyusui. Aplikasi mobile untuk ibu menyusui dapat menjadi alat yang sangat berguna, memberikan akses mudah ke informasi, panduan, serta dukungan yang dibutuhkan selama masa menyusui. Aplikasi ini dapat membantu ibu dalam memantau perkembangan bayi, mengatur jadwal menyusui, serta memberikan tips dan saran dari ahli kesehatan. Salah satunya adalah Aplikasi EDBUSUI yang digunakan dalam pengabdian di Desa Paseh Kaler, Aplikasi EDBUSUI merupakan aplikasi yang dikhusukan untuk para ibu menyusui agar dapat teredukasi dalam proses menyusui si kecil. Dengan memberikan fasilitas edukasi seperti edukasi ASI ekslusif, cara menyusui si kecil dengan panduan terpadu, informasi untuk menjaga kesehatan hormone oksitosin dan edukasi bagi partner menyusui.

Kegiatan ini juga melibatkan 5 mahasiswa dari Prodi Kebidanan Universitas Gunadarma yang diperbantukan dalam kegiatan abdimas tersebut. Kontribusi yang diberikan oleh mahasiswa selama kegiatan antara lain membantu dalam menyiapkan aplikasi sistem informasi panduan ibu menyusui berbasis android mobile yang bisa diakses dan di download pada hendphone android. Selain itu juga, bersama-sama memberikan penjelasan tentang aplikasi EDBUSUI kepada para ibu balita yang sedang menyusui dan pendampingan pengisian aplikasi EDBUSUI bersama para ibu balita yang sedang menyusui.

Aplikasi EDBUSUI ini bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan informasi seputar edukasi ASI ekslusif, peningkatan produksi ASI sebagai pemenuhan nutrisi bayi untuk  pencegahan stunting pada anak yang didukung oleh teknologi informasi yang ada di smartphone dan aplikasi ini. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, antusias mitra dan ibu balita dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dan kegiatan sosialisasi ini sangat didukung oleh Pemerintah Desa Paseh Kaler.

Facebook Comments Box

Read More

GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1

17 October 2024 - 14:09 WIB

PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024

16 October 2024 - 18:23 WIB

Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat”

16 October 2024 - 13:31 WIB

Ahmad Syaikhu dan Imam Budi Hartono Sowan ke Kediaman Habib Abubakar Al Busyro Citayam

16 October 2024 - 06:08 WIB

Grib Jaya DPC Kota Depok Tegaskan Dukungan Penuh untuk Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq

13 October 2024 - 16:41 WIB

Trending on Ragam