Menu

Dark Mode
GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1 PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024 Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat” Ahmad Syaikhu dan Imam Budi Hartono Sowan ke Kediaman Habib Abubakar Al Busyro Citayam Grib Jaya DPC Kota Depok Tegaskan Dukungan Penuh untuk Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq 700 Instruktur Senam di Depok Deklarasikan Dukungan untuk Pasangan Asih dan Imam Ririn

Ragam

Sosialisasi Sistem Informasi Panduan Ibu Hamil Berbasis Android Mobile di Puskesmas Cisalak Pasar Depok

badge-check


					Sosialisasi Sistem Informasi Panduan Ibu Hamil Berbasis Android Mobile di Puskesmas Cisalak Pasar Depok Perbesar

DepokNews–Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari  tridharma perguruan tinggi selain   pengajaran dan penelitian yang menjadi kegiatan yang  wajib dijalankan oleh profesi dosen. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dalam setiap tahun akademik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dengan sharing ilmu atau kepakaran tertentu. Pada tanggal 14 November 2023, tim dosen dari Universitas Gunadarma melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan mitra Puskesmas Cisalak Pasar di Depok.


Kehamilan merupakan satu hal yang sangat penting bagi semua calon ibu, dimana calon ibu pasti akan memberikan perhatian dan perawatan terbaik terhadap kandungannya
Banyak ibu hamil terutama ibu-ibu muda dengan kehamilan pertama khawatir dalam menghadapi dan menjalani kehamilan. Selama mengandung pasti terjadi perubahan secara fisiologis maupun psikologis, sehingga setiap wanita hamil beresiko komplikasi yang bisa mengancam jiwanya. Kurangnya pengetahuan tentang kehamilan serta kurangnya perhatian baik dari diri sendiri (ibu hamil) maupun suami atas kebutuhan saat kehamilan merupakan hambatan bagi seorang calon ibu dalam menjalani masa kehamilan.
Sistem informasi dalam bentuk aplikasi mobile android ini dapat digunakan oleh ibu hamil khususnya bagi ibu-ibu yang sibuk atau jauh dari pelayanan Puskesmas. Beberapa fitur unggulan yang ada pada aplikasi mobile ini yaitu adanya menu skrining mandiri yang dapat digunakan ibu hamil untuk mengetahui resiko kehamilan. Resiko kehamilan yang ada pada fitur skreening mandiri dikembangkan dari Metode Poedji Rochyati. Kemudian fitur survei yang diadopsi dari buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Kegiatan ini juga melibatkan 3 mahasiswa dari Prodi Kebidanan Universitas Gunadarma  yang diperbantukan dalam kegiatan abdimas tersebut.  Kontribusi yang diberikan oleh  mahasiswa selama kegiatan antara lain membantu dalam menyiapkan aplikasi sistem informasi panduan ibu hamil berbasis android mobile yang bisa di akses dan di download pada hendphone android. Selain itu juga , bersama dengan bidan puskesmas memberikan penjelasan tentang aplikasi salute bidan kepada ibu hamil, dan pendampingan pengisian aplikasi salute bidan bersama ibu hamil.
Aplikasi panduan ibu hamil ini bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan informasi seputar kehamilan dan kesehatan didukung oleh teknologi informasi yang ada di smarthphone dan Aplikasi ini dapat mempermudah ibu hamil melakukan komunikasi melalui smartphone tanpa harus datang kepuskesmas.
Kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Antusias mitra dan ibu hamil dalam mengikuti berbagai pelatihan ini sangat  tinggi dan kegiatan sosialisi ini sangat didukung oleh Dinas Kesehatan Depok.

Facebook Comments Box

Read More

GEMMARIN (Gerakan Matahari Imam Ririn) Wilayah Sawangan Mendeklarasikan Dukungan Kepada Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1

17 October 2024 - 14:09 WIB

PKN Resmi Dukung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq dalam Pilkada Depok 2024

16 October 2024 - 18:23 WIB

Imam Budi Hartono Siap Hadapi Debat Pilkada Depok: “Kami Sudah Terlatih Tanya Jawab dengan Masyarakat”

16 October 2024 - 13:31 WIB

Ahmad Syaikhu dan Imam Budi Hartono Sowan ke Kediaman Habib Abubakar Al Busyro Citayam

16 October 2024 - 06:08 WIB

Grib Jaya DPC Kota Depok Tegaskan Dukungan Penuh untuk Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq

13 October 2024 - 16:41 WIB

Trending on Ragam